Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 15 April 2018 / Redaksi

7 Masalah Umum Bayi Baru Lahir

Saat lahir, ada sejumlah kondisi fisik yang biasa terjadi pada newborn atau bayi yang baru lahir di dua minggu pertama kelahirannya. Beberapa kondisi akan hilang dengan sendirinya. Namun, kalau ada kondisi Si Kecil yang dirasakan serius atau terlihat janggal, Moms sebaiknya segera menghubungi dokter anak. Berikut 7 masalah umum bisa terjadi pada bayi baru lahir dan perlu diwaspadai bila menjadi serius.

 

1. Jaundice

Adalah warna kuning yang terlihat pada kulit bayi baru lahir. Pertama kali muncul di wajah, kemudian dada, perut, dan beberapa kejadian ada di bagian lengan dan kaki. Bagian putih di mata juga bisa jadi kuning. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jaundice terjadi ketika bilirubin menumpuk di darah Si Kecil. Hal ini terjadi karena hati belum cukup berkembang secara efisien mengeluarkan bilirubin dari aliran darah.

 

2. Kulit membiru

Kaki dan tangan bayi bisa saja menjadi sedikit berwarna biru, tetapi tidak perleu dirisaukan. Kalau tangan dan kakinya menjadi sedikit biru karena kedinginan, biasanya akan segera kembali berwarna pink begitu mereka menghangat. Jika kulit terlihat biru terus menerus, apalagi diikuti dengan kesulitan bernapas dan menyusu, ada kemungkinan jantung atau paru-parunya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Segera konsultasikan kepada dokter, Moms.

 

3. Perut membuncit

Kebanyakan perut bayi secara normal terlihat membuncit terutama setelah banyak menyusu. Di antara waktu menyusu, perut bayi yang baru lahir biasanya terasa lebih lunak. Moms perlu berhati-hati bila perut Si Kecil terlihat besar dan saat dipegang terasa keras, belum buang air besar selama lebih dari 1 hari atau muntah. Jika hal ini terjadi, segera hubungi dokter anak. Bisa jadi ada masalah pencernaan yang lebih serius.

 

4. Bekas forceps

Saat forceps digunakan untuk membantu proses persalinan, alat ini bisa meninggalkan tanda merah atau bahkan goresan pada wajah dan kepala bayi. Biasanya goresan akan hilang dalam beberapa hari. Kadangkala benjolan datar, keras, timbul di satu area ini karena kerusakan minor pada jaringan di bawah kulit. Namun, kondisi ini biasanya akan hilang dalam waktu 2 bulan.

 

5. Menangis berlebihan

Semua newborn menangis, tanpa alasan yang jelas. Bila Anda yakin Si Kecil sudah disusui, disendawakan, dalam kondisi hangat, dan menggunakan popok bersih, cara terbaik untuk menenangkan tangisannya adalah menggendong, bernyanyi atau berbicara dengannya hingga ia berhenti menangis. Bila tangisannya terdengar aneh, ada lengkingan sakit, bisa jadi tanda adanya masalah medis, Moms. Minta saran dari dokter segera.

 

6. Cedera persalinan

Healthy Children menyebutkan, saat persalinan, newborn bisa mengalami cedera, terlebih bila prosesnya cukup panjang, sulit, atau bayi berukuran sangat besar. Cedera yang terjadi adalah salah satunya kelemahan otot. Disebabkan adanya tekanan yang terjadi selama proses persalinan ataupun peregangan dari saraf yang melekat pada otot. Minta bantuan dokter tentang cara mengasuh dan memegang bayi yang tepat.

 

7. Lesu dan selalu mengantuk

Setiap newborn menghabiskan banyak waktunya dengan tidur. Sepanjang ia bangun setiap beberapa jam, menyusu dengan baik, terlihat kenyang, dan terjaga di siang hari., normal baginya untuk banyak tidur. Kalau Si Kecil jarang terjaga, tidak bangun dengan sendirinya untuk menyusu, segera bawa ke dokter.







RELATED ARTICLE

Daftar Permainan untuk Memperkuat Panca Indra Bayi

Pesan Psikiater Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

9 Ciri Bayi Anda Sudah Siap MPASI



OTHER ARTICLES

4 Tanda Bayi Sudah Kenyang Minum ASI

5 Aplikasi Mudahkan Ibu Hamil

Dukung Minat Anak Dengan 4 Cara Ini

5 Cara Atasi Kelelahan Saat Hamil

4 Terapi Mudah Agar ASI Berlimpah