Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 11 April 2018 / Redaksi

Inilah 4 Tanda Saat Bayi Sedang Bermimpi

Sebagai orang tua, Anda tentu sering mengamati Si Kecil yang tengah tertidur pulas. Melihatnya tertidur lelap pasti membuat hati Anda merasa tenang dan bahagia. Tak jarang Anda menemukan senyuman kecil menghiasi wajahnya saat ia tertidur.

Senyuman itu bisa jadi mengisyaratkan apa yang ada dalam mimpinya. Demikian pula sebaliknya, ekspresi kurang menyenangkan saat ia tidur, bisa jadi menunjukkan ia sedang mengalami mimpi buruk. Yuk, simak tanda-tanda alami bayi saat bermimpi, berikut ini:


1. Kedutan

Para ilmuwan di University of Iowa beranggapan kedutan yang terjadi saat Si Kecil tidur bisa mengungkapkan keterampilan fisik yang sedang dipelajarinya. Jika ia memiringkan kepalanya, mungkin ia baru bisa menopang kepala.


2. Tersenyum

senyuman spontan Si Kecil saat tertidur sudah bisa muncul sejak bulan-bulan pertama kehidpannya. Hal itu menandakan bahwa ia mungkin tengah menikmati tidurnya pada tahapan REM (Rapid Eye Movement). Mungkin juga ia tengah memimpikan sedang berada dalam pelukan Anda.


3. Mengernyitkan dahi

Tak cuma pengalaman bahagia yang bisa muncul di mimpi Si Kecil. Ia juga mengalami mimpi buruk saat tertidur. Rasa tak nyaman itu bisa terlihat dari ekspresinya yang mengernyitkan dahi atau bahkan menangis dan menjerit.

Tak usah panik, Moms bisa membantunya tenang dengan mendekap dan berbicara lembut di dekatnya. Saat bayi tidur, ia masih sensitif terhadap suara. Katakan bawa Anda ada di sampingnya, dan mencintainya.


4. Gerakan mata

Si Kecil bisa dipastikan tengah bermimpi apabila Anda melihat bola matanya bergerak cepat di balik kelopak matanya. Para ilmuwan di Universitas Tel Aviv telah menemukan bahwa saat mata seseorang bolak balik berkedip cepat ketika sedang tidur, saat itulah adegan dalam mimpinya berubah. (Binar Murgati/DON/Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Manfaat Menyanyikan Lagu di Waktu Tidur Anak

Daftar Permainan untuk Memperkuat Panca Indra Bayi

Pesan Psikiater Agar Anak Tak Kecanduan Gadget



OTHER ARTICLES

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Kuis: Apa Jenis Picky Eater yang Dialami Anak Anda?

Waspada! Sering Mencium Bayi bisa Sebabkan Meningitis

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Angelique Widjaja: Tanamkan Kesopanan pada Anak