Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Menyimpan Tali Pusat Bayi

Cara Tepat Menyimpan Tali Pusat Bayi

Moms, tidak ada salahnya lho jika ingin menyimpan tali pusat bayi Anda yang baru lahir. Karena diketahui dengan menyimpan tali pusat Si Kecil ini dapat bermanfaat untuk digunakan jika Si Kecil suatu saat membutuhkannya, misalnya saat ia menderita suatu penyakit berat.

 

Sebagai informasi, bagian tali pusat yang disimpan adalah sel punca atau stem cell. Sel punca darah tali pusat ini dapat berkembang menjadi banyak tipe sel lain di dalam tubuh. Karena itu, sejak tahun 1988, sel punca darah tali pusat telah digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit, termasuk kelainan darah dan metabolik, gangguan imunodefisiensi dan penyakit autoimun.



 

Sebagian orangtua jaman dahulu mungkin sudah tahu manfaat dari menyimpan darah tali pusat. Tetapi cara menyimpan dengan benar yang belum banyak para ibu tahu, dan teknologi saat itu belum mumpuni.

 

Misalnya cara orangtua jaman dulu dengan mengeringkan tali pusatnya, lalu jika anak sakit dimasukan ke dalam air, kemudian air nya diminum. Menurut dr. Meriana Virtin, Medical Advisor Cordlife yang ditemui dalam acara Cordlife Pregnancy Journey “Nutrisi Ibu Hamil” Sabtu lalu, cara itu tidak sepenuhnya salah, dan tetap memiliki manfaat.

“Tapi kami ingin membuka wawasan bahwa manfaatnya bukan begitu cara menyimpannya. Tapi menyimpannya dalam kondisi beku. Yang dijaga sterilitasnya untuk menjaga sel-sel tersebut bisa tetap dimanfaatkan mungkin berpuluh-puluh tahun yang akan datang” ujar dr. Meriana Virtin.



 

Untuk menyimpan darah tali pusat Si Kecil, Moms bisa memilih Cordlife sebagai bank darah tali pusar yang ada di Indonesia. Cordlife menggunakan sistem triple bag tertutup yang saling terhubung dalam pemrosesannya. Sistem ini memungkinkan darah tali pusar diproses dalam lingkungan yang steril, tanpa membuat darah terpapar dengan lingkungan sekitar tempat proses.

 

Selain itu, ada teknologi SepaxTM2 mesin otomatis yang mampu menghasilkan hingga 99,88% total sel berinti dari darah tali pusat. Sedangkan untuk penyimpanan, Cordlife memakai tangki kriogenik yang telah dipercaya puluhan tahun oleh bank tali pusat swasta di seluruh dunia.

 

Apakah Moms tertarik menyimpan darah tali pusar Si Kecil? Moms tentu dapat mempertimbangkannya, karena hanya satu kali kesempatan dalam seumur hidup untuk menyimpan darah tali pusat sumber yang siap tersedia ketika dibutuhkan.(Vonda Nabilla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: tali pusar,   tali pusat,   umbilical cord








Cover Januari - Februari 2020