Mother&Baby Indonesia
7 Cara Mudah dan Alami untuk Mengatasi Kolik pada Bayi

7 Cara Mudah dan Alami untuk Mengatasi Kolik pada Bayi

Kolik atau kondisi bayi yang terus menangis tanpa henti dan tanpa alasan bisa terjadi, khususnya di malam hari. Sampai saat ini, belum ditemukan penyebab dari kondisi tersebut. Namun, kemungkinan besar dipicu oleh stimulasi yang berlebihan sistem pencernaan yang belum matang, alergi makanan atau refleks lambung bayi.

 

Saat anak mengalami kolik, ada beberapa hal yang bisa meredakannya, termasuk dari makanan. Beberapa makanan berikut bisa diberikan, khususnya bagi anak usia 6 bulan ke atas yang sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI.


1. Peppermint



Aroma peppermint dapat menenangkan bayi karena memiliki efek anti-spasmodik yang kuat. Moms bisa menambahkan satu sendok teh minyak peppermint ke minyak pijat bayi. Lalu, gosokan campuran tersebut ke perut bayi dengan gerakan melingkar lembut. Agar kolik tidak sering muncul, lakukan pemijatan ini 2 kali sehari.


2. Jeruk

Salah satu buah yang juga bisa dikonsumsi bayi sebagai MPASI adalah jeruk. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan Si Kecil. Dengan memberikan bayi jus jeruk secara rutin, tentunya dapat meredakan kolik tersebut. Namun, usahakan untuk tidak diberikan dalam kondisi dingin.


3. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini ternyata bagus untuk melancarkan pencernaan sekaligus mengurangi rasa sakit akibat kolik. Moms bisa memberikan wortel baik dalam bentuk sayuran utuh, jus, atau dijadikan kue pada Si Kecil untuk meredakan koliknya.


4. Mandi



Selain makanan, mandi dengan air hangat merupakan kegiatan yang bisa menenangkan bayi, khususnya saat terkena kolik. Moms dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender sebagai penambah aroma saat mandi supaya Si Kecil bisa lebih tenang.


5. Kompres

Ketika bayi mengalami kolik, Moms bisa mengompresnya dengan air hangat, yang bisa dilakukan setelah mandi. Letakkan handuk bersih untuk mengompres bagian perut bayi dan biarkan sampai mendingin. Ulangi hal tersebut hingga Si Kecil merasa nyaman dan tenang.


6. Burping

Bayi yang kolik kemungkinan karena ada gas di dalam perutnya. Jadi, gas tersebut harus dikeluarkan secara buang angin atau sendawa. Dengan melakukan burping ini, gas yang berlebih atau terperangkap di perut Si Kecil bisa keluar. Moms bisa memposisikan Si Kecil dengan tengkurap atau menggendongnya, lalu menggosokkan punggungnya hingga ia bersendawa.


7. Latihan tubuh

Salah satu yang mampu meringankan kolik Si Kecil adalah dengan melatih tubuhnya. Salah satunya dengan menekukkan lutut bayi dengan lembut ke dalam, saat ia berbaring telentang. Lalu, dorong lekukan lutut ke arah perut dengan lembut. Lakukan gerakan ini empat sampai 5 kali dalam satu kali menekuk, ya Moms. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   perawatan,   kolik








Cover Januari - Februari 2020