Mother&Baby Indonesia
Bayi 7 Bulan Ini 'Hamil' Kembarannya Sendiri

Bayi 7 Bulan Ini 'Hamil' Kembarannya Sendiri

Kejadian aneh dan langka baru saja menimpa Prinsa Rathava, bayi 7 bulan yang berasal dari Gujarat, India. Bagaimana tidak aneh, bayi 7 bulan ini 'hamil' kembarannya sendiri. Ya, ada janin yang sedang tumbuh di dalam tubuh Prinsa.

 

Semua ini berawal saat Manisha dan Motisingh Ratava, orang tua Prinsa, menyadari kalau perut Prinsa terus membesar dari hari ke hari. Setelah diperiksa dokter, ternyata terkuak kalau janin kembaran Prinsa yang gagal tumbuh terperangkap di dalam rahimnya.



 

Setelah melakukan pengecekan, akhirnya tim rumah sakit pun melakukan operasi pengangkatan janin pada 19 Februari kemarin, dan semuanya berjalan lancar.

 

 

Janin dengan berat 4 ons itu diangkat dari perut Prinsa, lokasinya berada di dekat ginjal. Menurut Dr. Rakesh Joshi, kepala departemen bedah anak, dalam kasus ini janin yang tidak berkembang itu memiliki tulang punggung, sel otak, dan kepala yang normal.



 

Orang tua anak ini sadar ada gumpalan seperti struktur di dalam badannya, tapi tidak menghiraukannya. Hal itu terjadi saat Prinsa berusia 5 bulan. Sejak gumpalan itu semakin besar, orang tuanya memeriksakan ke Baroda, baru kemudian ke rumah sakit kami pada 15 Februari,” ujar Dr. Rakesh pada Daily Mail.

 

Kini Prinsa sudah sembuh dan bisa keluar rumah sakit dalam beberapa hari lagi. Tidak akan ada komplikasi di keesokan hari, dan Prinsa bisa tumbuh normal. Operasi itu sulit karena janin yang tidak berkembang itu berada di balik usus Prinsa dan di antara kedua ginjalnya. Hal itu terjadi karena pemisahan janin kembar yang tidak sempurna, lalu gagal tumbuh dan justru menjadi organ internal dari salah satu bayi kembar yang sehat,” jelas Dr. Rakesh.


 

Kondisi ini dikenal dengan istilah foetus in fetu” yang sangat langka, dan baru ada 200 kasus di seluruh dunia. Menurut tim medis, sepertinya ibu Prinsa (yang belum pernah hamil sebelumnya) tidak pernah USG saat hamil. (Tiffany Warrantyasri/Dok. DailyMail)



Tags: bayi,   kehamilan,   berita,   aneh,   langka,   foetusinfetu,   penyakit








Cover Maret 2020