Mother&Baby Indonesia
Dilarang Mencium Anak Di Bibir, Kenapa?

Dilarang Mencium Anak Di Bibir, Kenapa?

Menunjukkan rasa sayang pada Si Kecil bisa dari dekapan hingga menciumnya. Tak jarang, orang tua melakukannya bukan di pipi, tetapi juga di bibir. Sayangnya, hal ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan gigi anak.

 

Dokter spesialis gigi anak, Michael Chong, mengatakan bahwa orang tua tidak boleh mencium bibir anaknya. Bahkan mereka disarankan untuk tidak mendinginkan makanan panas dengan cara meniupnya atau menggunakan alat makan yang sama antara orang tua dan anak. Hal ini disebabkan adanya bakteri streptococcus yang bisa merusak gigi.



 

“Bakteri yang berbahaya ataupun tidak bisa menyebar melalui air liur dan kemungkinan besar akan masuk ke mulut bahkan sebelum gigi bayi tumbuh,”kata dokter Chong yang dilansir dari Daily Mail. Jika bakteri ini masuk bahkan sebelum tumbuh gigi, maka nantinya gigi Si Kecil akan mudah rapuh atau bolong.

 



“Gigi bayi punya jenis enamel (lapisan luar gigi) dan dentin (tulang gigi) yang berbeda dengan gigi dewasa. Enamel gigi bayi tersebut lebih tipis. Ia tak sekuat enamel gigi dewasa sehingga lebih rentan mengalami pembusukan," tambah Richard Marques, dokter gigi asal London, Inggris dikutip dari The Independent.

 

Jadi mulai sekarang, Moms bisa memberikan rasa cinta dengan mencium di bagian pipi atau kening Si Kecil. Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kondisi gigi Si Kecil ke dokter secara rutin setelah giginya mulai tumbuh, ya Moms. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   mencium,   bibir,   kesehatan,   gigi,   bakteri,   kuman,   virus








Cover Maret 2020