Mother&Baby Indonesia
Robot Kecil Ini Bantu Busui Lancar Memberi ASI

Robot Kecil Ini Bantu Busui Lancar Memberi ASI

Pemberian ASI pada bayi menjadi hal penting yang perlu dilakukan seorang ibu. Untuk dapat memberikan ASI dengan maksimal, bisa dibantu dengan kehadiran seorang teman saat menyusui. Jika suami bekerja dan Moms harus di rumah sendirian, mungkin perangkat dengan kecerdasan buatan atau AI ini bisa membantu Anda.

 

Hal tersebut dilakukan oleh Public Health di Inggris, yang menggunakan perangkat Alexa keluaran Amazon. Jika umumnya perangkat AI bisa diperintahkan memutar musik atau dapat menjawab pertanyaan cuaca, sekarang menjadi lebih canggih. Alexa dapat mengetahui apakah bayi telah menerima cukup ASI selama menyusui. Ibu juga dapat menanyakan hal-hal tentang menyusui lain, seperti lecet pada payudara dan lainnya.



 

 

Penggunaan Alexa sebagai 'teman menyusui' ini sudah mulai disosialisasikan di Inggris. Informasi yang diterima ibu juga telah ditambahkan langsung oleh National Health Service Inggris, sehingga cukup akurat. Berbeda dengan perangkat AI keluaran Google, Apple, atau perusahaan besar lainnya, jawaban yang diberikan serupa dengan yang dimiliki pemerintah Inggris. NHS sendiri melakukan kerjasama dengan sebuah situs parenting, Mumsnet.



 

Melalui hal ini, pemerintah berharap agar tingkat menyusui di Inggris (yang terendah di dunia) bisa meningkat. Faktanya, hanya 0,5 persen wanita di Inggris yang masih menyusui setelah anaknya berusia 1 tahun. Profesor Julia Verne dari pihak pemerintah pun berharap agar program perangkat Alexa akan meningkatkan proses menyusui oleh ibu pada anaknya.

 

Proses memberi ASI secara eksklusif sendiri memiliki manfaat yang baik bagi ibu dan bayi. Bahkan, menyusui dapat membuat Anda lebih tenang, dan efektif membuang lemak-lemak yang didapat saat hamil. Selain itu, Si Kecil juga tidak rentan penyakit dan jantungnya pun menjadi lebih sehat. Jadi, apakah Moms juga mau menjadikan Alexa sebagai teman saat menyusui Si Kecil? (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik, Amazon)



Tags: bayi,   menyusui,   asi,   teman_menyusui,   alexa,   kecerdasan_buatan,   ai,   amazon








Cover Maret 2020