Mother&Baby Indonesia
Negara yang Pas Dikunjungi Para Pecinta Seni

Negara yang Pas Dikunjungi Para Pecinta Seni

Walaupun bukan seniman, menjadi hak seseorang tentunya untuk menyukai karya seni. Baik lukisan, tarian, dan hasil karya dalam bentuk unik dan menarik yang tak mudah terlupakan. Hongkong pun menjadi salah satu negara yang menunjukkan berbagai karya hebat yang bisa dinikmati para pecinta seni.

 

Di bulan Maret ini, ternyata menjadi bulan penuh seni di negara bagian benua Asia tersebut. Berbagai pameran dan pagelaran seni dibuat untuk memanjakan para turis. Mulai dari pameran on street sampai pagelaran tari terhebat diselenggarakan di sana. Moms penasaran? Berikut beberapa di antaranya.



 

1. Hong Kong Urban Canvas

 

Merupakan salah satu dari program utama “Hong Kong Arts Month” yang menghadirkan kegiatan seni otentik dan inspiratif, diselenggarakan oleh Hong Kong Youth Arts Foundation di lingkungan lokal Hong Kong bernama Sham Shui Po.

 

Pameran ini menampilkan 10 karya seni hasil ciptaan siswa internasional dan lokal yang dituahkan pada rolling door atau shutter penutup toko yang secara khusus menceritakan tentang toko-toko lokal di lingkungan tersebut.

 

Penjelajahan lokal berikutnya adalah kunjungan ke pusat seni yang terdiri dari galeri-galeri variatif di Wong Chuk Hang. Terletak di bagian South Island District bertempat di daerah Distrik Kebudayaan, menghadirkan berbagai pameran dan pertunjukan dari sekitar 16 galeri seni dan studio.

 

Moms juga bisa mengajak keluarga melihat berbagai karya seni tersebut dalam Tur Akhir Pekan berpemandu gratis untuk menarik perhatian pengunjung yang berlangsung mulai akhir Maret 2018 hingga pertengahan April 2018.


2. Fotan Open Studios

 

Wilayah ini merupakan lingkungan seni yang terdapat di Fo tan. Sejak tahun 2000, area tersebut telah berubah menjadi sebuah komunitas. Lingkungan ini tersembunyi dalam sebuah bangunan industri yang berada di New Territories.

 

Moms bisa melihat berbagai kegiatan seni untuk tembikar, seni pahat dan kaligrafi Tionghoa, hingga karya seni kontemporer dan menjadi salah satu destinasi favorit. Fotan Open Studios selain berperan sebagai destinasi penjelajahan lokal menarik, juga akan memberikan pengalaman unik untuk bertemu dan mendapatkan inspirasi dari seniman lokal di tanggal 31 Maret 2018.


3. Hong Kong Arts Festival (HKAF)



 

Salah satu perhelatan seni megah ini masuk dalam jadwal "Hong Kong Arts Month". Acara tersebut dimulai dengan Hong Kong Arts Festival (HKAF) sebagai acara utama yang diadakan dari tanggal 23 Februari 2018.

 

Acara HKAF ke-46 ini akan berlangsung hingga tanggal 24 Maret 2018 dengan lebih dari 1.700 seniman internasional dan lokal sebagai pengiri acara dalam 130 pertunjukan. Moms bisa menyaksikan berbagai penampilan menakjubkan, salah satunya dari Debussy’s Pelléas et Mélisande staged by the legendary Welsh National Opera.


4. Art Central Hong Kong

 

Selanjutnya, juga diselenggarakan Art Central Hong Kong di Central Harbourfront Event Space. Acara yang sudah sebagai edisi ke-4 ini akan diselenggarakan mulai dari 27 Maret 2018 hingga 1 April 2018.

 

Pra-pertunjukan VIP sendiri akan dilakukan secara perdana pada 26 Maret 2017, yang menghadirkan 100 galeri internasional dan 30 galeri yang berpartisipasi untuk pertama kalinya di Art Central kali ini.


5. Art Basel (Edisi-6)

 

Perhelatan seni yang juga tak kalah menarik adalah Art Basel. Acara ini sendiri sudah dilakukan hingga edisi ke-6 yang menawarkan perspektif luas tentang beragam visi, material sejarah, dan karya terbaru dari seniman-seniman terkurasi.

 

Kegiatan menakjubkan ini berlangsung di Hong Kong Convention and Exhibition Centre. Dibuka pada tanggal 29 Maret 2018 hingga 31 Maret 2018, Art Basel akan menampilkan 248 galeri terkemuka dari 32 negara. Bahkan, 28 galeri yang hadir di antaranya berasal dari Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika yang turut serta untuk pertama kalinya.

 

Selain kelima acara di atas, ada juga pameran patung karya seniman kontemporer bertajuk Harbour Arts Sculpture Park. Notating Beauty That Moves — Music at an Exhibition yang berlangsung di ArtisTree of Taikoo Place juga akan menampilkan karya musik klasik dan kontemporer yang sayang kalau dilewatkan.

 

Jadi, bagi Moms yang belum punya rencana berlibur di bulan ini, Hong Kong bisa menjadi destinasi yang pas untuk semakin mengenal arti seni berkualitas. Yuk, ajak keluarga atau teman berlibur bersama ke Hong Kong bersama Hong Kong Tourism Board. (Vonia Lucky/TW/Dok. Hong Kong Tourism Board)



Tags: rekomendasi,   liburan,   hong kong,   seni








Cover Maret 2020