Mother&Baby Indonesia
Kenapa Bayi Suka Menggosok Mata? Ini 5 Alasannya

Kenapa Bayi Suka Menggosok Mata? Ini 5 Alasannya

Sejak baru lahir, ada beberapa gerakan sederhana yang sering dilakukan seorang bayi, salah satunya adalah menggosok kedua matanya. Lalu sebenarnya, apakah perilaku ini menandakan sesuatu? Kenapa sih bayi suka menggosok matanya? Supaya tidak keliru, Moms bisa mengetahui maksud tindakan tersebut sebagai berikut.
 

1. Mengantuk

Bayi akan menggosok-gosokkan matanya ketika mereka mengantuk. Karena mata terasa lelah, maka gerakan seperti pijatan ini dapat meringankan mata saat ia melihat sekitar. Jika Si Kecil sudah melakukan gerakan ini, maka Moms bisa langsung membawanya ke kamar tidur.




2. Mata Terasa Kering

Entah setelah menangis atau terlalu lama terkena udara, Si Kecil akan mulai menggosok matanya karena terasa kering. Kondisi yang tidak nyaman ini membuatnya melakukan tindakan tersebut untuk mengembalikan kelembapan mata.


3. Rasa Penasaran

Saat baru lahir, ada banyak hal baru yang akan dialami bayi. Menggosokkan mata menjadi salah satu gerakan yang akan ia lakukan karena penasaran, seperti apa rasanya dan bagaimana tubuh merespon gerakan tersebut. Maka tak jarang, gerakan ini terlihat menggemaskan saat dilakukan Si Kecil.




4. Terasa Seperti Kelilipan

Area mata akan rentan terkena bulu mata yang jatuh atau debu. Hal ini tentu terasa mengganggu dan membuat siapapun, termasuk Si Kecil menggosok matanya. Jika tidak diberi tindakan secepatnya, maka dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan mata lebih parah. Maka sebaiknya, coba diperika ke dokter mata secepatnya.


5. Alergi

Perilaku menggosok mata oleh Si Kecil bisa menandakan bahwa ia terkena suatu alergi di matanya. Selain itu, bayi akan lebih resing berkedip, bersi, atau muncul kemerahan di kulit. Perhatikan hal-hal tersebut agar Moms bisa mengambil tindakan untuk mengatasi secepatnya. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   menggosok_mata,   mengucek mata,   mengantuk,   bayi,   sikap,   mata,  








Related Article