Mother&Baby Indonesia
Bagaimana Sebaiknya Posisi Tidur Saat Hamil?

Bagaimana Sebaiknya Posisi Tidur Saat Hamil?

Seorang ibu hamil biasanya disarankan untuk tidak melakukan posisi telentang saat tidur. Alasannya, karena posisi tersebut dapat menyebabkan sakit punggung, masalah pernapasan, dan juga mengalami tekanan darah rendah.

 

Selain itu, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa berbaring telentang selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir mati. Hal ini disebabkan menurunnya aliran oksigen ke bayi apabila sang ibu berbaring dengan punggungnya.



 

Para peneliti pun berhipotesis bahwa posisi tidur telentang mungkin menekan pembuluh darah dari bayi yang membawa kembali darah ke jantung sang ibu. Profesor Peter Stone menambahkan: "Kami menduga bahwa banyak ibu dan bayi dapat mengatasi pasokan oksigen yang rendah, tetapi beberapa tidak bisa melakukannya."

 

Sebenarnya, bayi bisa beradaptasi dengan perubahan. Namun pada penelitian ini, aktivitas janin dapat berubah ketika sang ibu berbaring hanya dalam 30 menit saja. Terlebih, ketika adanya perubahan terhadap pengurangan aliran darah plansenta dan oksigen saat ibu tidur telentang.

 

Dari penjelasan tersebut, Anda tentu perlu mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko bayi lahir mati. Memang sulit untuk merasakan tidur yang nyaman saat hamil. Namun, ada cara yang bisa dilakukan agar saat tidur, Moms bisa lebih nyenyak.



1. Sebelum tidur, minumlah yang cukup, hal ini akan membantu mencegah Anda terbangun karena rasa haus. Namun, tetap dijaga jumlahnya agar tidak terbangun karena ingin ke kamar kecil.

2. Berolahragalah agar dapat membantu mencegah kram saat Anda tidur. Olahraga juga membuat Anda dan bayi menjadi sehat. Lebih baik, olahraga dilakukan pada pagi hari agar bisa tidur nyenyak saat waktunya tidur.

3. Santai, kurangi rasa stres dan cemas, serta hilangkan semua hal negatif agar waktu tidur lebih maksimal.

4. Tidurlah dengan posisi menghadap ke kiri. Hal ini memungkinkan aliran darah lebih baik ke rahim dan ginjal Anda.

5. Jika Anda sulit tidur di malam hari, pastikan untuk tidur saat siang hari sehingga Anda dapat cukup istirahat. Selain untuk kesehatan diri Anda, juga menjaga tumbuh kembang sang bayi dalam kandungan.

6. Gunakan bantal sebagai pengganjal tubuh Anda agar lebih nyaman sekaligus sebagai penopang tubuh saat tidur. Letakkan bantal di bawah lutut dan bawah perut agar tidur lebih nyaman.

7. Makan yang sehat, serta hindari minum kafein dan alkohol. Hal ini untuk membuat tubuh lebih sehat dan waktu tidur lebih maksimal. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   tidur,   posisi