Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Mudah Kena Ambeien! Ini Cara Mencegahnya

Ibu Hamil Mudah Kena Ambeien! Ini Cara Mencegahnya

Lebih dikenal dengan sebutan ambeien atau wasir, penyakit yang satu ini memang sangat menyakitkan dan menyiksa. Dalam bahasa medis, ambeien disebut dengan hemoroid, yaitu benjolan di daerah anus, disertai rasa nyeri yang hebat.

 



Dahulu, penyakit ini memang identik dengan orang lanjut usia. Namun kini, ambeien bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Menurut dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B, spesialis bedah umum dari RS Pondok Indah – Puri Indah, ambeien ini juga sering terjadi pada wanita hamil. Padahal, bumil bisa mencegah terjadinya ambeien, lho! Namun sebelum bertanya cara mencegah ambeien, simak dulu beberapa info dari dr. Franky berikut ini:
 

Terjadinya ambeien

Ambeien terjadi karena adanya obstruksi yang menekan intra abdomen meningkat. Akhirnya aliran balik darah di vena terganggu, dan terjadilah peningkatakan tekanan di vena. Kalau sudah begitu, vena pun melebar dan terjadilah hemoroid atau ambeien.

 

Penyebab ambeien:

-Keturunan atau genetik

-Sembelit yang berulang

-Terlalu lama jongkok atau duduk di toilet/WC

-Kehamilan atau hormonal

-Lanjut usia

 

Tanda dan gejala ambeien:

-BAB (buang air besar) berdarah yang warnanya terang.

-Gatal atau iritasi (pedih) di daerah anus.



-Anus terasa nyeri atau tidak nyaman.

-Pembengkakan di sekitar anus.

-Benjolan teraba lunak di dekat anus, yang mungkin sensitif atau menyakitkan.

 

Cara mencegah ambeien:

-Banyak konsumsi makanan berserat (sayur, buah, sereal) dan minum lebih banyak air putih, sehingga dapat normal BAB.

-Turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal.

-Hindari kebiasaan mengejan.

-Hilangkan kebiasaan berlama-lama pada saat BAB.

 

Cara mengatasi ambeien?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter. Jangan malu, Moms! Setelah berkonsultasi, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan derajat penyakit Anda, apakah ambeien itu tergolong hemorhoid interna atau externa dan sudah tingkat berapa. Untuk ambeien yang belum terlalu parah, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan terlebih dahulu. Namun jika sudah sangat mengganggu, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi.

 

Eits... Jangan takut dulu saat mendengar kata operasi ya, Moms. Menurut dr. Franky, kini sudah ada operasi laser hemorrhoidoplasty (LHP) yang minim bedah dan tergolong minim nyeri dibanding operasi ambeien lainnya. Mau tahu lebih lengkap soal operasi laser ini? Klik artikel Cara Ampuh Atasi Ambeien dengan Cepat dan Tanpa Sakit!

(Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: ambeien,   wasir,   hemorhoid,   operasi,   laser,   hemorrhoidoplasty,   dokter,   pasien,   teknologi










Cover Mei-Juni-Juli 2020