Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 8 Maret 2018 / Redaksi

Awas, Kondisi Hamil Begini Bikin Kelahiran Prematur

Awas, Kondisi Hamil Begini Bikin Kelahiran Prematur

Baxter Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik lndonesia, dan PERNEFRl (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) menyelenggarakan konferensi pers gabungan. Tujuannya, meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya risiko kesehatan bagi ibu hamil penderita Gagal Ginjal Kronik (GGK) dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia 2018.

 

Topik yang diangkat dalam pada hari ginjal nanti ialah “Ginjal & Kesehatan Perempuan: Rangkul, Hargai, Berdayakan.” Hal ini agar akses obat ginjal bisa terjangkau dan adil untuk perawatan kesehatan, edukasi kesehatan, dan penanggulangan penyakit ginjal untuk perempuan di seluruh dunia.

 

“Di Baxter, kami percaya memberdayakan perempuan dengan berbagi pengetahuan dan kami bangga dapat mendukung Hari Ginjal Sedunia di Indonesia untuk meningkatkan kepedulian tentang GGK dan mempromosikan kesehatan ginjal lebih baik untuk semua perempuan,” ungkap Dorothea Koh, GM, Singapore, Indonesia & Filipina, perwakilan dari Baxter di Artotel Thamrin, Jakarta, baru-baru ini.

 

“Perempuan menghadapi banyak tantangan kesehatan, khususnya ibu hamil penderita GGK yang memiliki risiko kesehatan yang tinggi baik bagi diri sendiri maupun bayi di dalam kandungan," lanjutnya.

 

Perempuan penderita GGK yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan harus menjalani konsultasi pra-kehamilan dan pemeriksaan kondisi kesehatan menyeluruh dengan beberapa dokter spesialis, termasuk nefrologis, dokter kandungan, dan bidan.

 

Pada perempuan penderita GGK stadium lanjut, kehamilan menjadi tantangan terbesar karena memiliki tingkat gangguan hipertensi dan kelahiran prematur yang tinggi. Perempuan penderita GGK dapat berkurang kesuburannya, namun tetap dapat hamil meski jarang terjadi. Namun, dengan pengobatan dialisis intensif, peluang hamil akan membaik. Karena itu dibutuhkan program khusus untuk para perempuan dalam usia produktif?

 

Adapun sebelum merencanakan kehamilan, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan ibu hamil penderita GGK seperti usia, kondisi kesehatan, tekanan darah, sejarah diabetes atau hati, juga seberapa parah kondisi ginjalnya.

 

Ibu hamil sangat rentan terkena penyakit ginjal, seperti penyempitan saluran kemih, pembengkakan ginjal, ginjal kering, infeksi ginjal hingga GGK. Selain itu, mereka juga rentan menderita komplikasi kehamilan yang disebabkan kegagalan ginjal, seperti preeklamsia, hipertensi, dan protein dalam urine.

 

Mari Jaga Kesehatan Ginjal

Sebagai inovator global terkemuka dalam perawatan ginjal, Baxter menyediakan pilihan perawatan transformatif lewat inovasi dan model bisnis yang berpusat pada pasien, yang menjadi standar terbaru dalam perawatan secara global.

 

Baxter menawarkan beragam perawatan pengganti ginjal di indonesia dengan terapi dialisis peritoneal. hemodialisa, dan Continous Renal Replacement Therapy. Misi Baxter adalah meningkatkan kualitas perawatan dialisis di Indonesia dan memastikan perawatan yang tepat untuk setiap pasien.

 

Sebagai bagian dari Hari Ginjal Sedunia 2018 dan meningkatkan kepedulian atas GGK di indonesia, Baxter bekerjasama dengan PERNEFRI akan mengadakan beberapa aktivitas di beberapa kota di Indonesia selama bulan Maret:

 

>> Talk show Edukasi Pasien and Seminar Awam di Medan 8-11 Maret 2018.

>> Seminar Awam di Palembang, Jawa Barat, dan Banjarmasin pada 11 Maret 2018.

>> Edukasi Pasien anak-anak di RSCM pada 18 Maret 2018.

>> Talk show pada 8 Maret 2018 dan Edukasi Pasien pada 11 Maret 2018 di RS Harapan Kita.

 

Baxter juga sangat antusias untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ginjal bagi keseluruhan kesehatan manusia. Rangkaian aktivitas ini juga menunjukkan warisan Baxter dalarn dukungannya bagi komunitas pasien penyakit ginjal dan telah menjadi rekanan Hari Ginjal Sedunia secara global. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)






RELATED ARTICLE

Ini dia Cara Persiapkan Kehamilan Anda

10 Manfaat Makan Brokoli saat Hamil

Berapa Porsi Makan Ideal saat Hamil? Tanya Dokter Yuk!



OTHER ARTICLES

Berkah Jelang Lebaran, Audy Item Lahirkan Anak Kedua

Tanya Jawab Seputar Mudik Bersama Bayi dan Balita

Saat Balita Terima Salam Tempel

Rekreasi Kala Lebaran? Perhatikan 4 Tips Ini, Moms!

Kiat Balita Tetap Sehat Saat Libur Lebaran