Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Buang 2 Kilogram Lemak Per Minggu (II-Habis)

Ini Cara Buang 2 Kilogram Lemak Per Minggu (II-Habis)

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tapi belum tahu caranya. Mereka yang 'ngotot' ingin cepat membuang lemak tanpa ada ilmu berakhir dengan diet yoyo: sukses turun di awal, tapi naik selang kemudian.

 

Konsultan diet sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Gizi/FKUI, dr. Nurul Ratna, M.Gizi, Sp.GK., menjelaskan, batas diet sehat yang bisa dilakukan seseorang dalam membuang lemak dalam tubuh ialah 2 kilogram. Itu pun sangat sulit dilakukan di mana dibutuhkan kedisiplinan tinggi dan kombinasi antara pola makan dan aktivitas fisik.



 

Jika moms ingin menurunkan 1.5-2 kilogram berat badan, Anda harus membakar 750 kcal sampai 1000 kcal dari kebutuhan harian.  Tetapi, sebaiknya saat melakukan diet ini usahakan jangan langsung 2 kilogram. Untuk target awal, Anda bisa mengincar 0.5-1 kilogram dengan memangkas kalori harian dengan 250-500 kcal.

 

Untuk lebih tepatnya, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter gizi. Agar diet tak menganggu kesehatan tubuh dan aktivitas harian. Sebab, aku dokter Nurul, konsultasi penting untuk mengecek kadar elektrolit, natrium, klorida, dan kecukupan nutrisi tubuh. Itu karena menjalani diet dengan target 2 kilogram per minggu riskan mengalami gangguan kesehatan, khususnya untuk cairan elektrolit yang biasanya turun.

 

MEMANGKAS DEFISIT KALORI 1000 KALORI PERHARI

 

Kurangi setengah porsi makan

Untuk bisa menghilangkan 1000 kalori, selain dengan melakukan latihan kardio setiap malam, Anda juga perlu memperhatikan asupan makan siang Anda. Yang harus anda lakukan adalah mengurangi setengah porsi makan, kemudian Anda dapat menambah dengan jus buah tanpa gula agar rasa lapar Anda dapat terkendali. Dengan latihan kardio tiap malam dan ditambah dengan pola makan seperti ini, Anda dapat membuang 1000 kcal per hari seperti yang Anda inginkan.

 

Jalan santai dan lari interval



Lari interval dapat membakar banyak kalori. Anda dapat melakukannya setelah jalan-jalan santai. Apabila olahraga ini membuat perut Anda lapar, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, seperti salad, jus berserat, smoothies, atau jenis makanan yang tak digoreng. Ini dapat menghilangkan 500 kcal di tubuh Anda. Namun, setelah melakukan hal tersebut, jangan menyantap makanan berat. Tetap usahakan untuk makan makanan yang kadar kalorinya rendah. Anda dapat melakukan ini pelan-pelan sampai terbiasa. Setelah itu, bukan hal yang tidak mungkin lagi untuk Anda dapat membakar 1000 kalori dalam sehari.

 

Lakukan pekerjaan rumah

Selain di luar rumah, ternyata Anda juga dapat membakar kalori saat berada di rumah. Yaitu dengan melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, atau menyikat kamar mandi. Hal ini akan dapat membantu membakar kalori Anda hingga 1000 kcal dalam sehari. Namun, jika Anda tak sempat lagi melakukan semua hal itu saat sampai di rumah, Anda dapat membakar kalori dengan cara tidak mengonsumsi minuman manis, bersoda, atau pun isotonik.

 

Hal ini dikarenakan minuman tersebut memiliki kalori minimal 500 kcal dalam sehari. Bila Anda bisa menghindarinya, Anda dapat menghilangkan 500 kcal per hari. Dan ditambah dengan keaktifaan Anda di kantor, tentu dapat mencapai 1000 kcal setiap harinya.

 

Membawa bekal

Bila Anda seorang ibu bekerja, bawa bekal selain membuat Anda lebih berhemat, ternyata juga bisa membantu mengurangi kalori yang mungkin masuk ke tubuh Anda hari itu. Dengan membawa bekal, kemungkinan Anda mengonsumsi makanan berlemak dan gorengan pun kecil. Bekal sehat yang Anda bawa akan bisa mengurangi 400-500 kcal dalam sehari.

 

Oke, Anda sekarang sudah tahu ilmunya, Moms. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Dan selalu ingat, lakukan secara bertahap dengan membuat tubuh beradaptasi. Karena, kalau Anda langsung mengincar defisit kalori harian 1000 kcal, tapi tubuh tidak siap, hasilnya Anda bakal jalani diet yoyo, bukan diet sehat. Masih inget tentang diet yoyo kan, Moms? (Qalbinur Nawawi/Dok. Free Pik)



Tags: diet,   berat_badan,   overweight,   dokter,   pakar,   tips,   diet,   gym








Related Article