Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Buang 2 Kilogram Lemak Per Minggu (I)

Ini Cara Buang 2 Kilogram Lemak Per Minggu (I)

Banyak yang punya pemikiran bisakah seseorang menurunkan 2 kilogram perpekan agar program diet cepat berhasil. Dan jawaban dari semua itu ialah ‘bisa’, dan berikut penjelasan lengkapnya:

 

Konsultan diet sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Gizi/FKUI, dr. Nurul Ratna, M.Gizi, Sp.GK., menjelaskan bahwa untuk bisa memangkas 1.5 sampai 2 kilogram berat badan, seseorang harus membakar 750 kcal sampai 1000 kcal kalori dari kebutuhan harian. Karena untuk menurunkan berat badan sebanyak 1 kilogram, seseorang harus memangkas sebanyak 500 kalori per hari.



 

Terkait hal ini, tentu, jika seseorang ingin menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram, maka ia harus menambah defisit 500 kalori dari kebutuhan hariannya sehingga kalori akan terpangkas sebanyak 1.000 kalori per harinya.

 

Namun, upaya ini sebaiknya jangan dilakukan secara drastis karena dapat menyebabkan tubuh kaget dan drop. Lakukanlah secara pelan pelan dan bertahap agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.

 

Nah, lantas bagaimana caranya dapat menghilangkankalori lebih dari 500 kcal, tapi tetap sehat? Berikut kiat-kiat jitu yang diberikan oleh dr. Nurul:

 

MEMANGKAS DEFISIT KALORI 500 KALORI PER HARI

 

Mengganti makanan berat

Mengatur makanan dan diiringi dengan olahraga adalah cara diet yang sehat. Mengatur makanan maksudnya adalah mengganti makanan berat dengan susu diet yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori.

 



Tetapi, setelah mengonsumsi susu diet, Anda harus mengonsumsi jus agar rasa kenyang bisa tahan lebih lama. Untuk aktivitas fisik, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan di rumah saat malam hari.

 

Tidak makan pasca-latihan

Melakukan gerakan di gym selama 1 sampai 2 jam dapat membakar 300 kalori Anda. Dan apabila setelah itu Anda dapat menahan diri untuk tidak langsung makaan makanan berat, maka Anda bisa membuang sampai 500 kalori dari kebutuhan harian Anda.

 

Jalan kaki dan tak makan camilan

Berjalan kaki dapat membakar kalori Anda sebanyak 150-200 kcal. Anda bisa melakukan jalan-jalan santai seputar kompleks setiap hari untuk memangkas kalori Anda. Dan untuk mencapai hingga 500 kcal, Anda harus menjauhi camilan di malam hari, karena jumlah kalori di dalam camilan,seperti bakso atau somay,itu bisa lebih banyak dari jumlah kalori yag ingin Anda pangkas setiap harinya.

 

Yuk, lebih aktif!

Bergerak aktif adalah salah satu cara yang mudah untuk membantu membakar kalori Anda. Jangan biasakan berdiam diri, melainkan lakukan segala aktivitas Anda dengan tetap bergerak. Seperti melakukan peregangan ringan saat menonton tv, jalan-jalan sore, memarkir motor agak jauh dari kantor, lebih memilih menggunakaan tangga daripada lift, melakukan treadmill,dan banyak lagi hal hal yang dapat membuat Anda terus bergerak. Hal ini akan membantu membakar 500 kcal di tubuh Anda setiap harinya.

 

Katakan ‘tidak’ pada gorengan!

Jika Anda memiliki kebiasaan mengemil makanan berlemak atau berminyak seperti gorengan, sebaiknya segera Anda hentikan jika tak ingin usaha Anda membakar 500 kalori gagal. Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan atau sayuran yang ditumis. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: diet,   berat_badan,   overweight,   dokter,   pakar,   tips,   diet,   gym








Related Article