Mother&Baby Indonesia
Selain Jalan-Jalan di Mall, Ini Cara Mudah Jalani Diet

Selain Jalan-Jalan di Mall, Ini Cara Mudah Jalani Diet

Diet sehat itu didasari dua faktor: pola makan dan aktivitas fisik. Untuk aktivitas fisik, banyak para ibu merasa terbebani. Itu karena faktor ini harus membuanya rutin berolahraga. Sedangkan aktivitas seorang ibu sulit, entah karena mengurus anak dan pekerjaan rumah atau kantornya.

 

Dalam kondisi itu, olahraga yang gampang dilakukan seorang ibu ialah jalan kaki. Laman Good Housekeeping sendiri sudah mencatat bahwa aktivitas ini bisa jadi pilihan tepat diet para ibu. Yakni, bisa memangkas yang ditargetkan pediet agar terjadi penurunan berat badan.



 

Masih bingung? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Berat badan 54 - 63 kg

Jalan kaki santai dengan kecepatan lari 3 mph

>> 15 menit: 50 kalori

>> 30 menit: 100 kalori

>> 1 jam: 200 kalori 

Jalan kaki cepat dengan kecepatan lari 4-5 mph (estimasi berat badan 54-63 kg)

>> 15 menit: 95 kalori

>> 30 menit: 185 kalori

>> 1 jam: 370 kalori 



Namun, tak hanya jalan saja yang bisa diandalkan untuk membakar kalori, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain – yang tak menggangu aktivitas sebagai ibu atau karyawan. Berikut ulasan menariknya. 

 

Jalan-jalan di mall

Pernahkah Anda bayangkan berapa kalori yang Anda habiskan saat berpergian ke Mall, Moms? Kabar baiknya, kalori yang terbakar cukup banyak lho Moms : jalan-jalan di malam selama 2 jam habiskan 350 kcal. Dan jumlah itu cukup membantu memangkas kalori harian – syarat penurunan berat badan. Mau membakar kalori lebih banyak? Gampang aja, lakukan jalan-jalannya lebih lama saja, Moms.

 

Menyeberangi jembatan

Ya, nyatanya ‘aktivitas remeh’ ini bisa membantu membakar kalori dan menghancurkan lemak di perut Anda. Sekira 8-16 kalori bakal Anda dapatkan, Moms. Dan itu jumlah minimal dari kalori yang Anda lakukan, tergantung beban yang dibawa, lamanya berjalan, permukan seseorang berjalan (mendaki, turunan, mendatar). Jadi, jika Anda sedang diet, Anda juga menggunakan fasilitas jembatan untuk melancarkan diet Anda.

 

Naik tangga kantor

Bila Anda bekerja di lantai lima kantor, nah itu bisa Anda jadikan aktivitas fisik harian, Moms. Mungkin nanti agak melelahkan, tapi, hasilnya efektif kok. Lagi pula, memang itu kan yang kita cari agar keringat keluar? Mengutip laman Fatsecret, naik tangga selama 5 menit habiskan 43 kcal, kemudian 10 menit bakar kalori sebanyak 86 kcal, dan 129 kcal bila Anda naik tangga selama 15 menit.

 

Bawa tas ransel 2 kg

Sama persis seperti menyeberangi jembatan, kalori yang dihasilkan dari aktivitas ini bergantung pada lama dan jenis aktivitas Anda membawa tas. Makin lama, tentu makin banyak kalori yang dibakar. Seberapa efektifnya, hal itu bisa dilihat dengan keluarnya keringat dalam tubuh Anda Moms. Bila Anda merasa 2 kilogram terlalu berat, Anda juga bisa menguranginya sesuai kemampuan Anda. Jalanilah diet sesuai kemampuan Anda dan tanpa paksaan. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: olahraga,   aktivitas,   diet,   berat_badan,   overweight,   dokter,   pakar,   tips,   diet,   gym










Cover Mei-Juni-Juli 2020