Mother&Baby Indonesia
Mau Badan Kembali Langsing? Ini Cara Ampuhnya

Mau Badan Kembali Langsing? Ini Cara Ampuhnya

Pembakaran kalori agar lemak dalam tubuh bisa cepat hancur berasal metabolisme tubuh. Untuk itu, bila Anda ingin program diet lancar, usahakan sistem metabolisme tetap berjalan seharian penuh.

 

Keinginan untuk diet itu, biasanya karena wanita punya siklus dalam hidupnya, yakni mengandung dan melahirkan anak. Tak jarang pasca melewati fase itu bikin berat badannya bertambah, bahkan sampai tergolong obesitas.



 

Tetapi, tak sedikit kemudian ada yang ingin mengembalikan badannya kembali langsing. Mengenai hal itu, kami sudah menyiapkan tips yang bisa Anda jadikan referensi menjalani diet. Berikut ulasannya.

 

Pagi hari

Mengonsumsi sarapan bisa menaikkan metabolisme tubuh sebanyak 70 persen. Oleh karenanya, pastikan Anda tak melewatkan jatah sarapan Anda – entah apapun alasannya. Hal ini terkonfirmasi dalam penelitian Journal of Epidemiology, di mana orang yang mengonsumsi sarapan lebih kecil menambah berat badan ketimbang mereka makan yang sarapannya sedikit. Apa yang harus dikonsumsi saat sarapan? Makanlah yang Anda sukai, yang terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak menyehatkan. Kami yakin Anda sudah punya menu diet andalan Moms sendiri, kan?

 

Jelang siang

Minumlah banyak air dingin menjelang jam makan siang. Peneliti dari Univesity of Utah menemukan bahwa orang meminum air dingin bisa menaikkan tingkat metabolik sebanyak 30 menit. Atau dalam kata lain, kebiasan ini bisa membuat Anda penuh energi. Karena saat metabolisme tubuh ‘jalan’, asupan yang ada di dalam tubuh dipecah menjadi energi.

 

Siang hari

Mau profesi Anda karyawan atau ibu rumah tangga Moms, usahakan makanlah menu makanan yang sehat. Hindari atau kurangi mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan kurangi asupan karbohidrat dari porsi biasanya. Ingat ya Moms, penurunan berat badan itu tidak akan terjadi bila tidak pengurangan porsi makan harian Anda. Untuk itu, pastikan porsi makan mulai dikurangi, Moms.



 

Bahkan peneliti Georgia University, menemukan, lebih baik mengonsumsi makan sedikit, namun sering sepanjang hari dibandikan tidak makan sarapan tapi kalap saat makan siang. Alasan dibalik itu metabolisme butuh energi  untuk berkerja dan energi didapat dari makanan yang masuk ke tubuh.

 

Sore hari

Konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat, seperti apel, pir, pisang, alpukat dan jeruk. Asupan ini bagus karena bisa menjaga membuat perut kenyang dan menghindari makanan berlemak.

 

Malam hari

Its time to workout! Tapi jangan bayangkan Anda berolahraga di gym ya, Moms. Tidak. Ini hanya aktivitas fisik sederhana, semisal berjalan kaki atau menyapu dan mengepel lantai. Bila Anda seorang ibu bekerja, parkirlah kendaraan Anda dari kantor hingga Anda bisa berjalan, atau jika Anda seorang ibu penuh waktu bisa melakukan menyapu dan mengepel lantai, sebelum suami sampai di rumah. Kedua aktivitas itu sudah cukup membantu metabolisme melonjak dan membakar lemak dalam tubuh Anda.

 

Jelang tidur

Program acara malam hari banyak menawarkan program humor, dan kabar baiknya menonton humor itu bagus untuk diet Anda, Moms. Ya, studi sudah menemukan bahwa saat seseorang menonton adegan humoris yang membuatnya tertawa, kalori yang dibakar dalam tubuh bisa mencapai 40 kalori. (Qalbinur Nawawi/Dok. Freepik)

 



Tags: diet,   berat_badan,   overweight,   dokter,   pakar,   tips,   diet,   gym








Cover Januari - Februari 2020