Mother&Baby Indonesia
5 Sumber Nutrisi untuk Pertumbuhan Gigi Anak

5 Sumber Nutrisi untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Salah satu peran penting orangtua adalah menjaga tumbuh kembang Si Kecil agar dapat maksimal. Termasuk pertumbuhan giginya, Moms. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada Si Kecil.

 

Menurut Dr. drg. Hananto Seno, Sp.BM., MM, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan gigi anak dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan fluor yang tinggi. Semakin tinggi kandungan fluor pada makanan, maka semakin baik. Hal ini karena fluor dapat menjaga gigi dari efek fermentasi bakteri yang terjadi di mulut.



 

Terdapat 5 sumber nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan gigi Si Kecil untuk dapat maksimal, antara lain:

 

1. Semangka

Dibandingkan dengan buah pisang, buah semangka memiliki kandungan fluor yang lebih tinggi, yaitu 2,3 mikrogram.

 

2. Ikan teri

Salah satu bahan makanan khas Indonesia ini ternyata memiliki kandungan fluor yang cukup tinggi lho, Moms. Kandungan fluor pada seekor ikan teri berjumlah 0.0249 miligram.



 

3. Bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran yang sangat berfungsi pada pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar fluor yang terkandung. Seikat bayam umumnya memiliki kandungan fluor sebanyak 70 gram.

 

4. Teh

Selain menyegarkan, the sangat berperan dalam meningkatkan kadar fluor pada gigi. Menurut Linus Pauling Institute secangkir teh umumnya mengandung 0,25 hingga 0,39 miligram fluor. Hidangkan the hitam hangat dengan gula secukupnya, Moms.

 

5. Kentang

Sebagai salah satu sumber protein terbaik, kentang memiliki kandungan fluor yang cukup tinggi lho, Moms. Kentang dengan diameter 10 cm umumnya memiliki kandungan fluor sebanyak 0,14 miligram.



Tags: gigi,   anak,   balita,   kesehatan










Cover April 2020