Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Sederhana untuk Deteksi Alergi pada Anak

Ini Cara Sederhana untuk Deteksi Alergi pada Anak

Semua alergi pada dasarnya memiliki tanda-tanda khusus yang muncul pada penderitanya. Termasuk pada anak-anak, yang tentu bisa membantu Moms untuk mengatasi alergi dengan cepat dan tepat. Tanda-tanda sederhana ini bisa menjadi panduan untuk Moms untuk menentukan tindakan saat Si Kecil terserang alergi.

 

Ruam Bisa Menjadi Tanda Pertama

 



Ruam atau bercak merah (biasanya) pada bayi menjadi tanda pertama dan yang paling umum. Namun bisa bertambah parah ketika mulai timbul sisik dan muncul rasa gatal. Ruam bisa muncul di wajah, lengan, kaki, dan lipatan seperti di siku atau lutut.

 

Untuk merawat kulit bayi saat ruam, dokter menyarankan agar memandikan Si Kecil dengan pembersih bebas aroma hypoallergenic. Selain itu, berikan krim bebas aroma untuk melembabkan kulit bayi. Pemberian obat seperti antihistamin juga bisa dilakukan untuk meredakan gatal akibat alergi.

 

 

Reaksi Tubuh Saat Alergi Makanan

 

Beberapa bahan makanan memang bisa menyebabkan Si Kecil alergi. Reaksinya akan muncul dalam waktu cepat, seperti bibir bengkak, muntah, diare, bahkan mengi atau suara yang keluar saat bernapas. Hal ini terjadi karena enzim yang hilang dalam tubuh bayi saat dibutuhkan untuk memecah protein agar mudah dicerna.

 



Buang gas atau kram juga menjadi akibat lain dari alergi yang terjadi pada bayi, khususnya alergi pada protein yang didapat dari ASI. Untuk mengatasinya, Moms harus membawa anak ke dokter untuk dapat dilakukan pengecekan alergi. Jangan berikan makanan pemicu alergi pada anak dengan alasan agar tubuhnya bisa melawan alergi tersebut, karena ini adalah cara yang keliru.

 

 

Batuk Yang Berkepanjangan Hingga Timbul Asma

 

Ketika Si Kecil mulai batuk sampai muncul suara saat bernapas seperti mengi atau asma, bisa menjadi salah satu tanda ia mengalami alergi dengan tingkat cukup mengkhawatirkan. Jika kondisi ini terjadi, Moms tentu harus segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Terutama, untuk mengatasi agar asma bisa dihentikan sebelum anak bertambah besar. (Vonia Lucky/TW/Dok. Free Digital Photos)

 

RELATED VIDEO: Ask the Expert, Alergi pada Anak



Tags: bayi,   balita,   anak,   alergi,   tanda,   kesehatan










Cover April 2020