Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Dia 7 Tips agar Sukses Berkarier

Moms, Ini Dia 7 Tips agar Sukses Berkarier

Setiap wanita pastinya ingin sukses dalam berkarier, termasuk Moms yang menyandang profesi sebagai istri, ibu, juga pekerja. Mungkin terkesan berat, namun tetap bekerja setelah memiliki anak adalah hal yang wajar. Selain membantu finansial keluarga, bekerja juga bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas Moms sendiri.

 

Melalui buku Stepping Out of Line: Lessons for Women Who Want It Their Way in Life, in Love, and at Work, Nell Merlino menuliskan 7 tips agar karier Moms bisa semakin baik dan kesuksesan bisa diraih dengan lancar.




1. Evaluasi Situasi

Setiap waktu, penting bagi kita untuk mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi dalam hidup. Baik sederhana ataupun berat, rasa syukur harus tetap ada di setiap pencapaian yang telah dimiliki. Jika dilakukan dengan ikhlas, maka Anda bisa semakin semangat dalam bekerja, terutama dengan alasan untuk membahagiakan keluarga kecil Anda.


2. Bekerja Sesuai Passion

Saat Anda memilih untuk tetap bekerja setelah melahirkan, lakukanlah yang sesuai dengan kesukaan Anda. Dengan begitu, Anda akan mampu bekerja dengan lebih santai tanpa tekanan dan lebih fokus terhadap apa yang sedang dilakukan. Anda bisa melanjutkan pekerjaan yang dilakukan sebelum melahirkan atau melakukan sesuatu yang baru dan tidak menyita waktu yang dimaksudkan untuk mengurus Si Kecil.


3. Minta Bantuan

Jika Anda mengalami suatu kesulitan, mintalah bantuan kepada rekan kerja. Baik dari membaca buku, mengikuti seminar, atau berdiskusi dengan rekan kerja. Jadikan pengalaman orang lain sebagai kunci dasar membuka pintu kesuksesan. Saat di rumah, Anda juga mendiskusikan dengan pasangan mengenai kesulitan Anda. Ingat, jangan jadikan pasangan sebagai musuh, tetapi rekan untuk membuat hidup lebih bermakna.


4. Jangan Menunggu



Kesuksesan adalah sesuatu yang harus diraih dengan melewati masa-masa kurang menyenangkan. Untuk itu, bekerjalah dengan baik, semangat, dan ikhlas. Keluarlah dari zona nyaman jika perlu untuk meningkatkan prestasi Anda di kantor atau usaha yang dijalani sendiri. Maka, sukses yang Anda inginkan bisa didapat.


5. Fokus Pada Tujuan

Setelah menikah dan memiliki anak, fokus seorang wanita bisa teralihkan dengan mudah. Jika Anda masih ingin mengembangkan karir, fokuslah pada hal tersebut. Ini bukan hal yang egois, namun sesuatu yang membuat Anda terus bermimpi. Namun, pastikan agar semua hal bisa dilakukan secara seimbang, meski harus ada hal yang dikorbankan.

 

6. Catat Ide dan Gagasan

Pekerjaan apapun memerlukan ide atau gagasan dalam mengerjakannya agar lebih mudah dilakukan. Jika gagasan tersebut didapatkan saat di luar jam kantor, tulis hal tersebut di buku catatan atau ponsel Anda. Tulis secara singkat mengenai ide tersebut dan saat kembali bekerja hal tersebut bisa dilakukan atau diungkapkan pada atasan.


7. Tetap Tanggung Jawab Di Manapun

Menjadi workaholic adalah pilihan setiap orang, namun sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang baik atau dibenarkan. Anda sebagai ibu tetap harus melakukan tanggung jawab di rumah untuk mengurus keluarganya. Moms juga memiliki hak untuk bisa bersenang-senang sendirian di suatu tempat agar lebih relaks. Jadi, tanggung jawab sangat perlu, namun jalani sambil menikmatinya. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   bekerja,   karier,   sukses,   wanita_karier








Cover Januari - Februari 2020