Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 23 Maret 2018 / Redaksi

Mau Membuat Anak Tersenyum? Ini Dia Caranya

Segala hal yang dilakukan Si Kecil pastinya menggemaskan. Apalagi saat ia tersenyum, maka senyum ini akan menular dan membuat orang lain menjadi lebih gembira. Jika Moms ingin melihat senyum Si Kecil, cara-cara berikut ini bisa jadi solusinya:

 

1. Salah satu yang mampu mengembangkan senyum Si Kecil adalah suara orang tuanya, terutama sang ibu. Karenanya, Moms hanya perlu berbicara atau bernyanyi lagu lembut yang bisa menunjukkan rasa sayang Anda. Hal ini akan memunculkan rasa bahagia dan puan seratus kali lipat di dalam pikiran dan hati Si Kecil.


2. Menghisap adalah refleks yang dimiliki bayi secara naluriah, dan menjadi cara termudah untuk mendapatkan nutrisi. Namun setelah selesai menyusui, Si Kecil akan tetap menghisap puting Anda dan jika dilepas ia akan rewel. Untuk mengantisipasi ini, Anda bisa memberikan dot atau teether, atau juga membiarkan dirinya menghisap jari sendiri.


3. Bayi Anda suka melihat Anda sebagai ibu juga ayahnya. Jadi untuk mengeluarkan senyumnya, Anda hanya perlu menatap matanya secara tulus. Bisa juga dengan bermain ‘cilukba’ atau mendekatkan wajah Anda ke wajahnya. Yang penting adalah Si Kecil dapat melihat senyum Anda, maka senyumnya juga akan terpancar.


4. Peregangan tidak hanya untuk orang dewasa, anak bayi juga perl melakukannya. Nicole Netelkos, pemilik Om Baby Yoga di Point Pleasant Beach, NJ memberikan saran peregangan yang nyaman untuk Si Kecil.

Pertama, letakkan selimut atau kain hangat di bawah tubuh anak dengan posisi telentang. Kemudian, tekuk lutut kanannya ke arah kiri tubuhnya. Lakukan hal ini secara berulang, maka Si Kecil akan merasa nyaman dan bisa tersenyum juga.


5. Rasa tidak nyaman setelah makan bisa menghilangkan senyum Si Kecil. Cara meredakannya, Moms bisa membaringkan anak secara telungkup di pangkuan, sehingga membuat tekanan pada perutnya. Kemudian tepuk punggungnya dengan lembut, maka udara yang tertahan di dalam perut bisa keluar dan melegakan perut Si Kecil.


6. Ruam pokok bisa menjadi penyebab bayi menangis tanpa henti. Untuk mengatasinya, Moms bisa memberikan krim oles zinc oxide ke area yang mengalami iritasi. Krim ini akan menyembuhkan ruam dengan memberi rasa sejuk pada Si Kecil, sehingga ia bisa kembali tersenyum setelahnya.


7. Menggenggam sebuah benda bisa membuatnya tersneyum. Entah bantal, guling, boneka, teether atau lainnya, bisa menenangkan Si Kecil. Untuk itu berikan benda yang aman dengan warna-warni untuk menangkap perhatiannya saat sedang menangis atau rewel.


8. Moms juga bisa membuat kakinya terasa nyaman, dengan memberikan pijatan ringan di kaki Si Kecil. Ia juga tidak harus mengenakan kaus kaki, terutama saat cuaca sedang panas dan membuatnya mudah berkeringat. Hal ini akan mampu membantunya tidak mudah rewel, tapi menjadi lebih sering tersenyum di hadapan Anda. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

9 Ciri Bayi Anda Sudah Siap MPASI

Waspadai Shaken Baby Syndrome! Ini Info Lengkapnya

Bayi yang Mirip Dengan Ayahnya Tumbuh Lebih Sehat



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui