Mother&Baby Indonesia
9 Fakta Menarik dan Unik tentang Tidur

9 Fakta Menarik dan Unik tentang Tidur

Salah satu cara mengistirahatkan tubuh dari kelelahan adalah tidur. Meski hanya dilakukan sesaat, tidur memang terbukti mampu mengembalikan kesegaran tubuh. Di artikel ini, akan diulas fakta-fakta menarik soal tidur. Penasaran? Simak bersama, yuk.

 

1. Sulit tidur? Cari ruangan lain



Jika Anda tidak bisa tertidur selama 30 menit, pindahlah ke tempat lain seperti sofa. Cari ruangan lain yang sepi dan tenang, lalu cobalah untuk membaca buku dengan cahaya yang redup.


2. Bye bye gadget!

Jangan nyalakan TV, komputer, atau memainkan smartphone. Cahaya yang dipancarkan ketiga perangkat ini akan merangsang otak dan membuat Anda tetap terjaga.


3. Selalu bangun di jam yang sama

Meski waktu tidur dirasa kurang, tetaplah bangun di waktu yang sama setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan membiasakan diri dengan waktu tidur yang dilakukan secara teratur. Anda pun akan tetap merasa segar meski tidur kurang dari delapan jam.


4. Katakan "halo" pada sinar matahari!

Tubuh kita bisa terbangun seketika, hanya dengan terkena sinar matahari. Untuk itu, bukalah jendela saat pagi datang agar tubuh terkena sinar alami dan bisa bangun dengan lebih segar.


5. Sesuaikan jumlah jam tidur dengan usia



Jumlah jam tidur setiap umur manusia berbeda-beda. Untuk bayi baru lahir membutuhkan sekitar 16 jam untuk tidur. Sedangkan untuk orang dewasa pada umumnya cukup tujuh sampai delapan jam. Untuk para lansia, kebutuhan tidur pun menjadi berkurang dibanding sebelumnya. Perbedaan jam tidur ini juga bisa berbeda-beda di setiap individu.


6. Cobalah tidur siang

Terbangun saat malam hari adalah hal yang normal, karena tubuh kita baru akan terlelap 90 menit setelah tertidur. Jika kondisi ini membuat Anda menjadi kurang tidur, cobalah untuk tidak melakukan tidur siang. Hal ini akan menciptakan perilaku tidur yang buruk karena tidak sesuai dengan rutinitas.


7. Bantuan spesialis tidur

Jika Anda terus mengalami masalah atau merasa memiliki gangguan tidur, konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Obat tidur dapat membantu walaupun hanya dalam jangka pendek, sehingga tetap membutuhkan pantauan dari ahli medis.


8. Cara mudah mengatasi insomnia

Terapi untuk penderita insomnia ternyata cukup membantu mengatasi masalah tidur jangka panjang. Maka saat berkonsultasi, mintalah rujukan untuk bisa bertemu dengan psikolog khusus mengatasi tidur. Program ini bisa dilakukan di rumah sakit atau di rumah sendiri, tergantung rekomendasi ahli medis.


9. Awas! Kurang tidur pangkal alzheimer

Orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan jumlah protein yang tidak seimbang, sehingga membuat otak terbangun di malam hari. Menurut penelitian dari Washington University, setidaknya ada 10 penyakit kronis yang bisa diderita mereka yang kurang tidur. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   tidur,   fakta,   tips