Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 15 Maret 2018 / Redaksi

Sering Back Pain? Hindari 10 Aktivitas Ini

Moms, apakah Anda sering merasa sakit di bagian punggung atau back pain? Mungkin hal ini terjadi karena tubuh yang terlalu lelah, atau secara tidak sadar melakukan aktivitas sepele namun posisinya kurang tepat. Beberapa aktivitas berikut ini perlu Moms perhatikan dan dihindari, agar Anda terhindar dari back pain.


1. Menggunakan gadget

Entah duduk atau berdiri, kebanyakan dari kita menggunakan ponsel pintar dengan posisi di bawah dada sehingga membuat pandangan selalu ke bawah atau bersandar ke depan. Hal ini menyebabkan perenggangan dan kekakuan otot di punggung dan leher bagian atas.



 

Maka, posisikan ponsel sejajar dengan mata untuk pandangan lebih tegak. Dan jangan terlalu lama menggunakan ponsel karena dapat mengurangi fungsi mata.


2. Menyikat gigi dan mencuci piring

Posisi tubuh Anda saat berada di depan wastafel biasanya condong ke depan, baik saat menyikat gigi atau mencuci piring. Begitu juga saat menyetrika, sehingga membahanyakan kerusakan yang terjadi pada punggung bagian bawah, leher, juga bahu.

 

Untuk mengatasinya, gunakan bangku kecil untuk menyangga kaki agar postur tubuh tetap tegak dan menjaga agak punggung bawah tetap lurus.


3. Membersihkan rumah

Kegiatan menyapu, mengepel saat membersihkan rumah juga menjadi penyebab sakit di bagian belakang. Hal ini menyebabkan punggung atas dan bawah, juga lengan dan siku menjadi sakit. Maka, ketika merasa mulai lelah, istirahatlah sebentar atau berbagi tugas dengan anggota keluarga lainnya. Saat menyedot debu dengan vaccum cleaner juga usahakan pilih yang ringan saja, agar lebih mudah bergerak.


4. Memperbaiki pipa bocor

Saat pipa di bawah wastafel bocor dan Anda harus memperbaikinya sendiri, maka posisinya bisa membuat sakit di bagian belakang. Untuk mengatasi rasa sakit ini jaga posisi punggung tetap lurus dan lutut yang ditekuk dengan lurus.


5. Menempatkan anak-anak ke tempat duduk mobil

Saat akan bepergian, penting untuk menjaga agar anak bisa duduk dengan aman dan nyaman. Ketika Anda akan memposisikannya, maka tubuh akan condong ke depan serta memutar. Hal ini tentunya dapat membahayakan area punggung bawah dan bahu. Untuk mengurangi hal ini, lakukan peregangan ringan agar punggung lebih nyaman.




6. Membawa barang

Gerakan tubuh saat mengangkat barang dan membawanya ke lantai atas atau bawah, dapat membuat Anda sakit punggung. Terlebih, jika barang yang dibawa cukup berat. Maka saat membawanya, usahakan agar barang berada dekat dengan tubuh, serta posisi punggung yang tegak lurus. Jika terlalu berat, mintalah bantuan pada orang lain saat mengangkat barang.


7. Memasang tirai

Ketika ingin mengganti tirai seorang diri, perlu diperhatikan keamanan dan posisi tubuh. Jika salah berpijak, bukan hanya sakit punggung tetapi juga bisa terjatuh. Maka saat melakukannya, usahakan untuk berdiri di atas bangku atau papan yang kuat. Posisikan punggung tegak lurus saat mengaitkan tirai untuk mengurangi rasa pegal setelahnya.


8. Merapikan tempat tidur

Setelah bangun tidur, hal pertama yang dilakukan adalah merapikan tempat tidur. Untuk mencegahnya, usahakan untuk tidak membungkuk agar bisa menjangkau sisi lain dari tempat tidur. Jika memungkinkan, ajak pasangan agar bisa membantu merapikannya bersama.


9. Menonton TV

Meski hanya duduk saja, kegiatan menonton TV bisa membuat sakit di bagian belakang. Posisi duduk dengan kaki tersilang bisa merusak pinggul dan lutut. Duduk terlalu lama dengan badan condong ke depan juga bisa membahayakan punggung bagian bawah. Untuk itu berdirilah atau paling tidak meluruskan kaki Anda setiap 20 menit. Atau duduklah dengan punggung lurus dan pandangan lurus ke depan.


10. Mencuci pakaian manual

Saat mesin cuci sedang rusak, mau tidak mau Anda harus mencuci pakaian dengan tenaga sendiri. Hal ini pun bisa membuat rasa sakit dibagian punggung karena posisi duduk yang rendah serta condong ke depan.

 

Jika bisa dilakukan dengan posisi berdiri, letakkan pakaian di atas permukaan setinggi pinggang agar Anda tidak membungkuk. Posisi lain bisa dilakukan di atas meja dengan duduk di bangku kecil dalam kondisi punggung tegak.
(Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Awas! Insomnia Berpotensi Mengganggu Kesehatan Mental

Ingin Mudah Tidur Lelap? Lakukan 6 Cara Mudah Ini

5 Tips untuk Bertahan Di Gym atau Pusat Kebugaran

OTHER ARTICLES

Kenapa Balita Tidak Bisa Diam? Ini Penjelasannya, Moms

Manfaat dan Fakta Memandikan Bayi yang Perlu Moms Tahu

Moms, Intip Potret Liburan Seru 7 Keluarga Seleb Ini!

Ini 10 Manfaat Jika Ayah Ikut Andil Mengasuh Anak

Menggendong Kala Hamil. Apa Risikonya?