Mother&Baby Indonesia
Ingin Mudah Tidur Lelap? Lakukan 6 Cara Mudah Ini

Ingin Mudah Tidur Lelap? Lakukan 6 Cara Mudah Ini

Memiliki kesibukan di kantor dan tetap harus merawat Si Kecil pastinya menguras tenaga ya, Moms. Alhasil, tubuh menjadi sulit diatur dan membuat kita sering terjaga di malam hari. Kalau sudah begini, tidur lelap dan nyenyak sepertinya sulit didapat. Padahal, tidur lelap membantu kita tampil lebih maksimal dalam menjalan aktivitas sehari-hari.

 

Untuk mengatasinya, ada 6 tips dari Joanna Waloszek, peneliti postdoctoral di bidang psikologi di University of Melbourne. Hanya dengan melakukan cara-cara berikut ini sebelum tidur, dijamin Moms dan pasangan tetap bisa tidur dengan waktu yang cukup dan memiliki tubuh serta jiwa yang sehat.




1. Cobalah meditasi

Tak jarang, pikiran atau kekhawatiran dapat membuat kita tetap terjaga di malam hari, meski kita sudah lelah. Sayangnya, dengan tetap terbangun tidak membuat kondisi tubuh dan jiwa menjadi lebih baik. Hal itu justru dapat menimbulkan hormon stres kortisol yang membuat penderitanya sulit tidur. Anda pun menjadi lebih cemas dan frustasi saat menjalani keesokan harinya.

 

Cara agar tidak menjadi tertekan adalah dengan relaksasi, dalam pernapasan maupun peregangan otot-otot yang tegang. Jadi sebelum tidur, cobalah untuk meditasi dengan menarik napas panjang dan dibantu dengan suara-suara menenangkan seperti air mengalir atau angin pantai. Untuk membantu, ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan dengan mudah tentunya.


2. Pergi tidur pada waktu yang sama

Melakukan sesuatu secara rutin dan teratur bisa memberikan dampak baik, termasuk waktu tidur. Meski di akhir pekan, rutinitas tersebut tetap bisa dilakukan agar tubuh bisa menyesuaikan secara otomatis. Jadi, tidak ada lagi alasan mengantuk karena waktu tidur yang kurang setelah ini.


3. Batasi makan dan minum



Usahakan untuk tidak konsumsi makanan berat atau minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur. Hindari juga merokok karena semua hal ini bisa merangsang otak sehingga menjadi terjaga di malam hari. Meski beberapa minuman dengan kandungan di atas dapat membuat kantuk, tapi juga dapat membuat Anda bangun terlambat di pagi hari.


4. Tidur dalam gelap

Saat akan tidur, buat kamar menjadi gelap karena hal ini dapat membantu Anda tidur lebih lelap. Jangan juga menggunakan ponsel saat lampu dimatikan karena cahaya biru yang terpancar membuat Anda sulit tidur, bahkan dapat merusak retina mata. Jadikan juga kamar sebagi tempat tidur dan ruang 'keintiman', sehingga perasaan nyaman bisa Anda dapatkan di malam hari.


5. Tubuh relaks

Selain meditasi, membuat tubuh menjadi relaks bisa dengan menciptakan ruangan yang sejuk untuk membuat tidur lebih lelap. Anda juga bisa mandi sebelum tidur agar tubuh menjadi lebih ringan. Dengan begitu, fungsi kerja tubuh tetap berjalan dengan baik dan Anda bisa tidur cukup meski durasinya kurang dari enam jam


6. Berhenti menonton jam

Salah satu hal sederhana yang ternyata membuat Anda semakin sulit tidur adalah: menonton jam dinding berdetak! Setiap detik yang berlalu dapat menimbulkan kekhawatiran dan membuat Anda semakin sulit tidur. Jadi, lakukan ide bagus ini: jangan letakkan jam sejajar dengan posisi tidur Anda ya, Moms. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   karier,   sibuk,   tidur,   kesehatan,   tips








Cover Januari - Februari 2020