Mother&Baby Indonesia
5 Tips untuk Bertahan Di Gym atau Pusat Kebugaran

5 Tips untuk Bertahan Di Gym atau Pusat Kebugaran

Setelah melahirkan, salah satu hal yang ingin Anda lakukan pasti mengembalikan bentuk tubuh, agar ramping lagi seperti dahulu. Mungkin Moms juga memiliki rencana tersebut dan memutuskan untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran. Sayangnya, niat untuk berolahraga bisa hilang di tengah jalan.

 

Ada banyak alasan mulai dari memilih gaya latihan, waktu yang kurang atau fasilitas pusat kebugaran yang dirasa kurang memuaskan. Ternyata, ada tip yang dibagikan oleh Jean-Claude Vacassin, seorang pelatih pribadi sekaligus pendiri pusat kebugaran W10 Performance. Kepada Healthista, ia menjabarkan tip agar Anda mampu bertahan demi memiliki badan yang sehat.




1. Jangan takut latihan kekuatan

Melakukan latihan kekuatan biasanya paling dihindari seorang wanita. Penyebabnya karena takut tubuhnya menjadi berotot layaknya binaragawan. Padahal, latihan kekuatan sangat baik jika dipilih untuk merontokkan lemak yang tertimbun saat hamil dahulu. Dengan melakukannya secara benar, maka tubuh yang kencang, ramping juga cantik tentunya bisa didapatkan dengan mudah.


2. Makan cukup kalori

Kebutuhan kalori dalam tubuh manusia sebanyak 1200 dan angka ini tidak boleh dikurangi, apalagi dilebihkan. Jika dikurangi, maka bukan hanya lemak yang berkurang hanya sedikit, tetapi fungsi otot aktif bisa hilang secara signifikan. Maka, ahli kesehatan dan gizi pun tidak menyarankan untuk melakukan diet ketat seperti mengurangi kalori. Untuk mendapatkan tubuh ideal, hanya perlu mencukupi jumlah kalori dan olahraga secara teratur.


3. Lakukan latihan sepenuh hati

Melakukan olahraga secara rutin baik di pusat kebugaran atau di rumah sendiri membutuhkan kesiapan hati. Dampaknya, Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diinginkan dengan cara yang sehat.



 

Jadi mulai sekarang, angkat beban misal 2kg, dan lakukan 2 sampai 3 kali pengulangan agar lengan menjadi kecil. Latihan semacam ini perlu dilakukan dengan menantang diri sendiri, dan dilakukan dengan serius juga sepenuh hati tentunya.


4. Latihan gabungan = PERLU

Ingin memiliki bentuk tubuh ideal berarti menuntut Anda untuk melakukan latihan lebih dari satu gerakan. Manfaatkan satu benda, misal angkat beban 1kg yang tidak hanya digerakan dengan tangan, tetapi juga melakukannya sambil berjongkok. Lakukan 3 sampai 5 kali pengulangan secara rutin, maka lengan, paha, juga betis bisa ikut mengecil.


5. Konsisten

Tip terakhir ini menjadi kunci dari semuanya. Lakukan latihan dengan konsisten, pantang menyerah meski mengalami kelelahan atau merasa bosan. Ingatlah bahwa hasil akhirnya Anda akan memiliki bentuk tubuh yang diidamkan setelah melahirkan. Jika perlu, imbangi dengan pola makan yang sehat dan nikmat, seperti hanya makan kentang dengan daging saja. Hal ini nyatanya mampu meningkatkan niat Anda untuk bertahan melakukan olahraga secara rutin. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   gym,   tips,   pusat_kebugaran