Mother&Baby Indonesia
Wanita Lebih Rentan Penyakit Lupus Ketimbang Pria, Lho!

Wanita Lebih Rentan Penyakit Lupus Ketimbang Pria, Lho!

Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang bisa membuat organ tubuh tertentu bermasalah, bahkan terjadi komplikasi yang mengancam nyawa. Secara kasat mata, penderita lupus bisa diidentifikasi dengan melihat wajahnya. Tanda khas penderita lupus ialah merahnya warna pipi mereka, dengan pola seperti kupu-kupu.

 

Siapa yang paling rentan kena penyakit lupus? ternyata wanita lebih sering menderita lupus dibandingkan pria. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa umumnya wanita lebih banyak menderita penyakit autoimun. Mereka umumnya berasal dari kelompok usia produktif.



 

“Walaupun lebih banyak wanita yang menderita penyakit autoimun, tetapi pada umumnya berbagai penyakit autoimun tidak berbeda tingkat keparahannya dengan laki-laki,” ungkap Iris Rengganis, Ketua Divisi Alergi lmunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, di Jakarta, baru-baru ini.

 



Dalam kondisi itu, banyak orang yang menduga karena faktor hormonal. Iris sendiri tidak menapik hal itu bahwa periode haid yang dialami wanita menjadi salah satu menjadi salah satu faktornya.

 

“Hormonal endogenous pada wanita tidak selalu dapat menerangkan terjadinya penyakit autoimun, akan tetapi faktor-faktor lainnya seperti variasi biologis wanita – seperti kehamilan dan menstruasi – merupakan kondisi yang juga dapat menerangkan prevalensi tinggi pada wanita,” terangnya. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: lupus,   penyakit lupus,   bahaya penyakit lupus,   wanita lebih sering terkena penyakit lupus










Cover Mei-Juni-Juli 2020