Mother&Baby Indonesia
Hati-hati, Penyakit Lupus Bisa Bikin Anda Gagal Ginjal

Hati-hati, Penyakit Lupus Bisa Bikin Anda Gagal Ginjal

Seseorang yang menderita penyakit lupus harus ekstra menjaga kesehatan tubuhnya. Itu karena tubuhnya rentan mengalami ancaman kesehatan serius yang menggangu aktivitasnya.

 

Salah satu yang paling dihindari ialah gagal ginjal. Karena penyakit ini dapat sangat menurunkan kualitas hidup, dan bahkan bisa membuat nyawa melayang. Ya, lupus dan gagal ginjal memang cukup berkaitan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada Selena Gomez, yang belum lama ini melakukan transplantasi ginjal akibat penyakit lupus yang ia alami.



 

“Menurut temuan penelitian Baron dkk, penderita lupus yang mengalami masalah ginjal pada usia kurang dari 18 tahun, “ ungkap Iris Rengganis, Ketua Divisi Alergi lmunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, di Jakarta, baru-baru ini.

 

“Hal itu bisa terjadi karena pada keadaan awal, sering sekali penyakit lupus susah dikenal. Karena gejala dari penyakit lupus tidak datang bersamaan,” tambahnya.



 

Mengenai sebabnya, Rengganis menerangkan belum ada penyebab spesifik. Baru dugaan-dugaan ,seperti faktor genetik, infeksi dan lingkungan. Prevelensi penderita lupus sendiri bervariasi di tiap negara. Tapi pada dekade terakhir, terlihat kenaikan kasus yang berobat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo - Jakarta.

 

“Ini karena faktor kewaspadaan dokter yang meningkat. Harusnya, peningkatan ini terjadi karena hasil usaha penyebarluasan gambaran klinis penyakit lupus. Sehingga, bila ada orang melihat brosur mengenai gejala penyakit lupus, dan dia merasa termasuk dalam gejala-gejalanya, diagnosa bisa cepat didapatkan. Dan mendapat pengobatan yang adekuat,” tutupnya. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: ginjal,   kesehatan,   gagal_ginjal,   organ,   lupus








Cover Maret 2020