Mother&Baby Indonesia
10 Tips Menghemat Waktu di Pagi Hari (Bagian 1)

10 Tips Menghemat Waktu di Pagi Hari (Bagian 1)

Bagi ibu bekerja, pekerjaan sudah dimulai sebelum berangkat ke kantor. Siasati rutinitas pagi Moms agar terhindar dari kerepotan dan kelelahan, dengan cara yang dapat menghemat waktu Anda di pagi hari.

 

Rutinitas di pagi hari memang dapat menjadi sangat melelahkan bagi ibu yang bekerja. Padahal ini dapat memengaruhi produktivitas kerja Anda lho, Moms! Apabila tubuh dan pikiran sudah lelah sedari pagi, maka efektivitas kerja juga akan menurun.



 

Ayo pompa semangat Anda dengan melakukan 10 tips mengatur aktivitas, agar bisa menghemat waktu di pagi hari berikut ini.

 

1. Siapkan pada Malam Hari

Hal ini sangat efektif untuk mengurangi tugas dan kerepotan Anda di pagi hari. Siapkan pakaian Anda, dokumen-dokumen kantor yang akan dibawa, seragam dan alat sekolah Si Kecil, atau perlengkapan Si Kecil jika ia akan dititipkan. Siapkan juga sarapan siap saji atau bahan-bahan siap masak di pagi hari.

 

2. Buat Daftar

Sediakan agenda berisi daftar pekerjaan yang harus Anda siapkan di malam hari dan lakukan di pagi hari. Agenda ini berguna untuk membuat pagi Anda lebih teratur.

 

Cek daftar yang telah Anda buat sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Anda pun akan terbiasa dengan rutinitas pagi Anda.

 

3. Bangun Lebih Awal

Bangun lebih awal dari seluruh anggota keluarga akan membuat Anda lebih tenang dan tidak terburu-buru memulai hari. Ketahui waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan rutinitas di pagi hari.



 

Tambahkan beberapa menit sehingga Anda tahu kapan Anda harus bangun agar semua bisa beres. Tambahan waktu 15-20 menit akan memberikan Anda waktu cadangan seandainya terjadi hal-hal yang tidak terduga di pagi hari.

 

4. Siap Sebelum 'Bertempur'

Sebelum Anda membangunkan Si Kecil atau menyiapkan sarapan, siapkan diri Anda terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu pagi Anda lebih teratur. Setelah mandi dan berpakaian, Anda dapat menyiapkan Si Kecil tanpa harus merasa gusar.

 

Baca juga: 10 Tips Menghemat Waktu di Pagi Hari (Bagian 2)

 

5. Bagi Tugas

Berbagi tugas dengan suami maupun anggota keluarga lain akan memudahkan tugas Anda di pagi hari. Misal, suami Anda menemani Si Kecil sementara Anda menyiapkan sarapan dan bekal. Anda mandi sementara suami menyuapi Si Kecil.

 

Selain efektif mengurangi beban tugas Anda, suami juga mendapat kesempatan untuk menjalin ikatan dengan Si Kecil. Jika Si Kecil sudah bisa makan dan berpakaian sendiri, biarkan ia melakukannya. Hal ini sekaligus mengajarkannya untuk mandiri.

(Gabriela Agmassini/DON/Dok. Freepik)



Tags: aktivitas,   ibu,   karier,   waktu,   pagi,   rutinitas,   tips