Mother&Baby Indonesia
7 Tips Berhubungan Seks Pasca Operasi Caesar

7 Tips Berhubungan Seks Pasca Operasi Caesar

Ada beberapa orang menganggap bahwa berhubungan seksual pasca melahirkan secara caesar akan lebih mudah. Namun hal ini tidak sepenuhnya tepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan, secara normal atau melalui operasi caesar, dapat mengalami hambatan saat akan kembali berhubungan seks.

 

Normalnya, akan ada fase atau proses pemulihan pasca melahirkan untuk dapat kembali 'bermain di ranjang.' Secara bertahap, sang ibu akan berhenti diberikan obat pereda nyeri dan pencabutan kateter yang menampung urine pasca operasi.



 

4-6 Minggu Setelah Melahirkan

Melalui persalinan caesar, secara umum sang ibu juga tetap mengalami pendarahan di vagina, dengan tingkat yang lebih sedikit di banding melakukan persalinan normal. Karenanya, dokter menyarankan agar Moms baru bisa berhubungan seks sekitar 4-6 minggu pasca melahirkan. Dalam jangka waktu tersebut, diperkirakan leher rahim sudah kembali tertutup dan pendarahan berhenti.

 



Namun pada operasi caesar, pemulihan lebih terfokus pada area perut bekas jahitan. Untuk staples yang digunakan sebagai perekat jahitan baru akan diangkat satu minggu setelahnya. Kemudian, bekasnya akan kering 6 minggu setelahnya. Dengan kondisi ini, Anda bisa berhubungan seks, tapi rasa sakitnya bisa hilang dalam waktu cepat atau lambat, bergantung dari tubuh sang ibu.

 

Agar hubungan seks pasca persalinan caesar tetap terasa nyaman dan menyenangkan, cobalah untuk mengikuti beberapa tips ini:

  • Sebelum berhubungan seksual, usahakan untuk buang air kecil atau mandi air hangat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda lebih relaks. Lalu, fokuskan pikiran Anda pada pasangan dan jangan memikirkan hal-hal lain yang mengggangu.
     
  • Anda dan pasangan bisa saling berkomunikasi sebelum berhubungan seks. Misalnya dengan saling memijat punggung atau pinggang, atau hal lain yang dapat membuat tubuh lebih relaks. Anda juga boleh menggunakan pelumas tambahan untuk mengundari rasa perih saat penetrasi seksual terjadi.
     
  • Pilih posisi yang dapat menghindari penekanan di area perut saat berhubungan seks. Hal ini dilakukan untuk pengurangi rasa tidak nyaman yang Anda bisa rasakan secara tiba-tiba.
     
  • Tetaplah relaks selama berhubungan seks, dan ingatlah bahwa yang Anda dan pasangan lakukan juga untuk membuat emosi yang baik satu sama lain. Rasa takut atau ragu akan memengaruhi kepuasan antara masing-masing saat bercinta.
     
  • Tidak perlu terburu-buru ketika sedang berhubungan seks. Jika rasa sakit atau tidak nyaman menghampiri, berikan waktu sesaat sebagai penyesuaian. Pasangan tentu akan memahami kondisi Anda yang masih dalam masa pemulihan pasca melahirkan.
     
  • Jika muncul pembengkakan di sekitar area jahitan, timbul kemerahan, terasa nyeri hingga jahitan tiba-tiba terbuka setelah berhubungan seks, segeralah konsultasikan ke dokter.


Tips di atas bisa dilakukan baik oleh Anda yang mengalami persalinan caesar ataupun normal. Namun kondisi fisik tiap wanita tentu tidak sama, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai berhubungan seks yang baik pasca melahirkan. Dengan mengikutinya secara benar, maka rasa nyaman dan kepuasan bisa Anda dan pasangan dapatkan. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: seks,   pernikahan,   persalinan,   melahirkan,   operasi_caesar,   persalinan,   harmonis,   orgasme








Cover Maret 2020