Mother&Baby Indonesia
Metode Top Up, Tip Rinni Wulandari Penuhi ASI Eksklusif

Metode Top Up, Tip Rinni Wulandari Penuhi ASI Eksklusif

Para wanita yang baru menjadi ibu seringkali mengalami pelbagai masalah pasca persalinan. Salah satunya ialah soal masalah Air Susu Ibu (ASI) yang sulit keluar.

 

Hal ini rupanya dialami juga Rinni Wulandari, penyanyi RnB terkenal di Indonesia. Selepas melahirkan anaknya minggu lalu, ia merasa ASI sulit keluar dengan lancar. Sehingga membuat berat badan anaknya menurun, dan itu terjadi di hari kelahiran ke-2.



 

Sudah tentu, kondisi itu membuatnya jadi kalut. Tak mau dibuat pusing pusing oleh pemikiran negatif, Rinni pun konsultasi ke dokter demi mendapatkan solusi. Beruntung, inisiatif Rinni yang dilakukan sangat tepat.

 

Ya, karena dokter menemukan banyak ASI yang terhambat keluar sehingga membuat anaknya tidak kenyang saat menyusui dan tidur tidak nyenyak. Rinni pun kemudian diajarkan metode top-up, sebuah metode pijat payudara agar susu lancar keluar.

 

“Jadi ASI yang berada paling dalam (hindmilk) itu yang paling banyak mengandung lemak dan sangat bagus untuk baby kita, cuma memang agak kental jadi agak susah disedot baby,” ungkapnya dalam keterangan foto di instagramnya, Senin (5/3/2018)

 

“Jadi butuh bantuan dari si ibu untuk ngeluarin si hindmilk ini, bisa dengan diperah tangan atau degan alat pumping, nanti kalo udah dikeluarin jangan lupa disusuin ke baby-nya. ini yang namanya Top Up supaya produksi ASI-nya makin banyak dan bagus,” tambahnya



 

Teknisnya, kata Rinni, para ibu harus agar bergantian memberikan payudaranya ke anaknya. Di mana setiap menyusui disatu payudara harus dipindah ke payudara satunya lagi.

 

“Payudara yang pertama di perah dengan tangan ditampung di cup feeder. Setelah selesai menyusui dipayudara yang terakhir, Nord menyusui dari cup feeder dari sisa ASI di payudaara yang pertama,” urai Rinni.

 

Menurutnya, metode ini bisa dijadikan referensi para ibu yang kesulitan mengeluarkan ASI-nya pasca melahirkan. Sebab, metode ini mampu membantu memenuhi kebutuhan ASI anaknya. Sehingga bisa perlahan mengembalikan berat badan anaknya, Nord Kiano Julian.

 

“Setelah di-massage, ASI jadi lebih lancar dan Nord BB-nya dalam 3 hari naik 170 gram. Itu rasanya seneng banget,” jelas Rinni. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Instagram/Rinni)



Tags: rinni wulandari,   rinni wulandari lahirkan anak,   nord kiano julian










Cover April 2020