Mother&Baby Indonesia
Deteksi Penyakit Lewat Kondisi Mulut & Gigi? Bisa Kok

Deteksi Penyakit Lewat Kondisi Mulut & Gigi? Bisa Kok

Gigi dan mulut bagian yang cukup vital dalam menunjang kesehatan seseorang. Sebab, dua organ itu bukan sekedar jalur makanan-minuman masuk ke tubuh. Tetapi, lewat organ ini, kesehatan tubuh seseorang bisa terlihat.

 

Ya, Dr. Seno, Dr. Dicky Levenus Tahapary, SpPD, PhD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), menjelaskan, kondisi gigi dan mulut bisa menjadi indikator kesehatan tubuh seseorang. Itu karena makanan dan minuman yang msauk dalam tubuh harus melewati mulut.



 

“Kondisi gigi dan mulut mampu méncerminkan atau memberikan tanda dari penyakit di dalam tubuh. Beberapa kasus yang sering dijumpai, seperti gusi berdarah dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak punya hubungan dengan kesehatan tubuh dan penyakit sistemik seperti diabetes melitus, kerusakan ginjal, penyakit jantung dan pernafasan,“ ungkapnya di sela peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN Tebet Timur 01 Pagi Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018).

 



Ia menambahkan bahwa penyakit dalam tubuh yang secara kasat mata bisa terlihat dari kondisi gigi dan mulut ialah kerusakan ginjal. Jika gigi-gigi pada tanggal dan muncul infeksi gigi, itu indikasi dari kerusakan ginjal. Sebab, efek ginjal yang rusak bisa menurunkan kualitas dari tulang, termasuk rahang.

 

“Penurunan kualitas tulang sendiri bisa terjadi karena tubuh tidak bisa menyerap kalsium yang baik, akibat ginjal rusak. Oleh karenanya, jika ada orang yang menderita kerusakan ginjal, ia berisiko kehilangan kepadatan tulang rahang yang menyebabkan gigi jadi longgar dan kemudian tanggal,” terangnya. (Qalbinur Nawawi/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan gigi dan mulut,   gusi berdarah,   gigi tanggal,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020