Mother&Baby Indonesia
Cara Ampuh Atasi Ambeien dengan Cepat & Tanpa Sakit!

Cara Ampuh Atasi Ambeien dengan Cepat & Tanpa Sakit!

Ambeien, wasir, atau hemoroid adalah penyakit yang sama. Nama penyakitnya hemoroid, namun orang awam lebih sering menyebutnya ambeien atau wasir. “Hemoroid adalah benjolan di daerah anus yang disertai rasa nyeri yang hebat,” ujar dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B, dokter spesialis bedah umum dari RS Pondok Indah – Puri Indah, saat ditemui redaksi Mother&Baby di Penang Bistro, Pakubowono (15/3/2018).
 

Penyakit yang satu ini memang sangat menyiksa, dan sering menyerang ibu hamil. Lebih parahnya lagi, penderita hemoroid banyak yang tidak mau periksa ke dokter, biasanya karena malu atau takut pengobatannya menyakitkan. Padahal, kini sudah ada lho operasi untuk mengatasi ambeien yang tanpa sakit, dan sangat minim bedah. Cara itu adalah laser hemorrhoidoplasty. Mau tahu lebih lanjut tentang operasi ini? Simak tanya jawab kami dengan dr. Franky.



 

Apa itu laser hemorrhoidoplasty?

dr. Franky: Laser hemorrhoidoplasty merupakan sebuah tindakan operasi hemorhoid minimal invasive dengan menggunakan laser diode. Prinsip terapi ini adalah: reduksi jaringan hemoroid, tidak menyentuh daerah anoderm, dan untuk rekonstruksi anatomi secara natural.

 

Bagaimana proses laser hemorrhoidoplasty?

dr. Franky: Pertama, pasien akan dianastesi total sehingga tidak akan merasakan nyeri sama sekali. Laser fiber akan dimasukkan ke dalam hemoroid, kemudian hemoroid akan dikempiskan dengan energi laser berkekuatan 15 watt untuk dewasa dan 10 watt untuk anak.

 

Setelah hemoroid mengecil sebanyak 40-60% maka tindakan laser selesai dilakukan, biasanya itu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pengecilan sempurna akan terjadi secara spontan, dalam waktu 4-8 minggu.
 



Apakah laser hemorrhoidoplasty membuat pasien susah mengontrol BAB?

dr. Franky: Sama sekali tidak. Biasanya yang membuat pasien susah mengontrol BAB adalah operasi yang pakai pemotongan vena, seperti teknik stapler. Sedangkan laser hemorrhoidoplasty tidak memotong vena, dia mengecilkan, dan sisa wasir eksterna bisa dibuang sehingga tidak ada yang menggelambir.

 

Apakah laser hemorrhoidoplasty menyebabkan nyeri hebat?

dr. Franky: Rasa nyeri pasti ada, tapi sangat minim dibanding teknik operasi lain. Kalau skala sakit 1 sampai 10, nyeri setelah laser hemorrhoidoplasty ini skalanya 2-3 saja. Tapi tergantung ambang nyeri setiap orang sih, karena itu kan berbeda-beda.

 

Apa yang harus dilakukan setelah operasi?

dr. Franky: Setelah operasi, pasien tidak akan merasa sakit. Bahkan beberapa pasien meminta untuk langsung pulang dan kembali bekerja, karena tidak ada rasa sakit sama sekali. Mungkin karena saat itu masih ada efek anestesi ya. Kapan efek obat bius itu hilang? Biasanya di hari ke-3 baru hilang dan baru mulai terasa sakit, tapi sakitnya tergolong minim dibanding operasi hemoroid dengan teknik lain. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)


 



Tags: ambeien,   wasir,   hemorhoid,   operasi,   laser,   hemorrhoidoplasty,   dokter,   pasien,   teknologi








Cover Maret 2020