Mother&Baby Indonesia
Ampuh! Ini 8 Cara Sederhana untuk Kurangi Stres

Ampuh! Ini 8 Cara Sederhana untuk Kurangi Stres

Stres merupakan satu hal yang tidak bisa disepelekan, maka Anda perlu menerapkan cara-cara sederhana untuk mengurangi stres. Namun sebelum itu, mari kenali dulu penyebab stres. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, mulai dari tekanan pekerjaan, kewalahan mengurus anak, atau bahkan hal sepele seperti jaringan internet yang lambat.

 

Akibat yang timbul bisa membuat Anda menjadi sakit kepala, mengalami masalah pencernaan, dan yang terparah adalah depresi, serta penyakit jantung.



 

Untuk menghindari hal-hal tersebut, psikolog Emma Kenny membagikan cara yang bisa dilakukan dengan mudah, tapi cukup ampuh dalam mengatasi stres. Simak penjelasan dari hasil wawancaranya dengan NetDoctor berikut ini:

 

1. Olahraga

Pengobatan alami yang paling sederhana dan bisa dilakukan kapan saja adalah berolahraga. Faktanya, banyak bergerak dan mengeluarkan keringat mampu mengurangi rasa stres dalam diri seseorang. Meski dengan aktivitas ringan seperti jogging atau menari gaya bebas dapat membantu membakar hormon stres tersebut.


2. Minuman

Kopi dan alkohol sudah menjadi pilihan minuman bagi mereka yang tinggal diperkotaan. Baik saat bekerja atau bersantai di rumah, kopi secara khusus dipilih menjadi teman terbaik. Namun, keduanya dapat menimbulkan rasa cemas, bahkan secara berlebihan. Sebagai pilihan, Anda bisa minum teh herbal atau teh tanpa kafein yang membuat perasaan lebih baik.


3. Musik favorit

Mendengarkan musik menjadi kegiatan paling mudah untuk mengurangi rasa tertekan seseorang. Menurut sebuah penelitian, dengan menikmati musik sudah mampu melebarkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah, sehingga tubuh menjadi lebih tenang.




4. Perbedaan Kepribadian

Baik introvert ataupun ekstrovert, memiliki caranya masing-masing untuk menenangkan diri. Ada beberapa orang yang memilih untuk relaksasi seorang diri saat malam hari agar terhindar dari stres. Tapi bisa juga dengan berasa di kerumunan orang banyak sehingga energi mereka bisa meredakan rasa tertekan yang dialami.


5. Meditasi

Cara lain untuk menenangkan diri agar tidak stres adalah dengan meditasi. Hal ini biasanya dilakukan sekaligus untuk mengenal pribadi secara lebih dekat. Anda bisa dibantu dengan mendengarkan suara alam yang bisa didapat melalui aplikasi. Selain itu, bisa juga dengan melakukan hobi berkebun atau masak makanan kesukaan.


6. Serba herbal

Menggunakan obat-obatan alami atau secara herbal juga mampu membantu atasi rasa stres. Hirup aroma terapi seperti dari minyak lavender, menjadi salah satu cara konvensional yang efektif membuat pikiran lebih tenang.


7. 'Forest-bathing'

Istilah ini dikenal sebagai Shinrin-yoku di Jepang, atau yang berarti menenggelamkan diri Anda di alam. Penelitian dari University of Exeter menunjukkan bahwa berjalan dan menikmati alam seperti di hutan dapat memperbaiki suasana hati yang buruk.


8. Berterima-kasih

Memiliki rasa syukur menjadi kunci yang terbaik untuk membantu lepaskan stres. Untuk membantu, cobalah untuk menuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap hari. Kegiatan ini terbukti dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dan mengurangi rasa stres. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   kurangi_stres,   kesehatan,   relaksasi,   tips,   penelitian








Cover Maret 2020