Mother&Baby Indonesia
Anak Suka Membaca? Ini 5 Tandanya

Anak Suka Membaca? Ini 5 Tandanya

Moms, masih ingatkan dengan film Baby's Day Out? Cerita tentang bayi yang memiliki petualangannya sendiri saat diculik sekelompok orang jahat. Meski belum bisa berbicara dengan lancar, anak dalam film tersebut sudah menunjukkan minatnya dalam membaca.

 

Antusiasme membaca itu juga bisa terjadi pada Si Kecil ketika diberikan sebuah buku. Bagaimana mengetahuinya? Agar Moms bisa lebih peka terhadap kesukaan Si Kecil dalam membaca, berikut tanda-tanda yang terlihat dan bisa diperhatikan sebagai panduannya.




1. Si Kecil suka membaca dengan ibunya

Bukan tidak mungkin ketika Anda menyodorkan sebuah buku dan membacakannya dengan suara lantang mampu membuat Si Kecil tertarik untuk membacanya. Bahkan ketika Anda sedang tidak membacanya dan tiba-tiba ia menghampiri dengan membawa buku kesukaannya. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anak memang suka membaca.


2. Si Kecil menggunakannya sebagai bahan belajar

Anak akan tertarik pada sesuatu yang menarik perhatiannya. Hal ini bisa memancingnya untuk berbuat sesuatu yang mungkin salah, seperti merobek bagian yang dia suka dari sebuah buku. Ketika ia menunjukkan robekan kertas yang menarik perhatiannya pada Anda, maka ia bermaksud untuk mengetahui hal tersebut lebih jauh.

 

Jadi, jangan marah dulu saat ia merusak sebuah buku yang mungkin belum ia mengerti. Siapa tahu ia hanya penasaran dan ingin tahu secara detail tentang hal tersebut.


3. Si Kecil membawa buku dan meminta Anda untuk membaca



Seperti tanda yang pertama, Si Kecil bisa saja membawa sebuah buku dan mendatangi Anda yang sedang memasak di dapur. Bukan bermaksud menganggu, namun ia memang meminta Anda untuk membacakan buku tersebut untuknya. Jika Moms bersedia melakukannya, maka hal itu juga mengajarkan anak cara menghargai seseorang.


4. Si Kecil menikmati buku sendiri

Pemberian buku kepada anak memang harus cukup selektif. Hal ini akan berkaitan dengan rasa sukanya pada buku itu, cepat atau lambat. Ketika ia sudah mulai menyukai buku tersebut, akan ada masa di mana dirinya bersembunyi di sudut ruangan sambil memperhatikan isi dari buku tersebut. Meski belum paham sepenuhnya, namun Si Kecil dapat sedikit meniru beberapa adegan yang menarik baginya.


5. Si Kecil sudah mengenali huruf dan kata

Ketika berjalan-jalan, jangan heran saat Si Kecil tiba-tiba mengucapkan satu kata meski belum bisa berbicara. Hal ini sangat mungkin terjadi, dan pemicunya adalah kegemarannya dalam membaca.

 

Melalui buku yang dibacanya, ia bisa mengenal bukan hanya satu dua huruf, tetapi juga sebuah kata sederhana. Dengan begitu, perbendaharaan yang ia miliki bisa bertambah dengan semakin sering membaca buku lainnya. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   membaca,   belajar,   buku