Mother&Baby Indonesia
9 Ciri Bayi Anda Sudah Siap MPASI

9 Ciri Bayi Anda Sudah Siap MPASI

Sejak lahir hingga usia 2 tahun, bayi akan dapat tumbuh maksimal dengan pemberian ASI secara eksklusif. Namun, memasuki usia 6 bulan, Si Kecil membutuhkan nutrisi lebih yan tidak bisa didapatkan dari ASI. Maka, Moms harus mulai memberikan makanan pendamping ASI atau selain susu formula.


Periode ini dikenal sebagai masa penyapihan (weaning) yang merupakan proses pemberian makanan khusus selain ASI secara bertahap, baik dari jenis, jumlah, frekuensi, juga tekstur. Penentuan makanan juga diberikan dengan nutrisi yang penuh untuk menjaga tumbuh kembang Si Kecil.


Masa peralihan ini biasanya berlangsung antara usia 6 bulan sampai 23 bulan. Maka, Moms perlu memperhatikan kualitas, kuantitas dari makanan tersebut agar anak tidak mengalami malnutrisi.

Namun, ada tanda-tanda secara fisik yang diperlihatkan bayi ketika mereka sudah siap menerima makanan pendamping ASI, seperti yang dijabarkan oleh IDAI, berikut ini:

1. Reflex ekstrusi (menjulurkan lidah) telah sangat berkurang atau sudah menghilang.



2. Mampu menahan kepala tetap tegak.

3. Duduk tanpa/hanya dengan sedikit bantuan dan mampu menjaga keseimbangan badan ketika tangannya meraih benda di dekatnya.


Selain itu, Si Kecil juga akan menunjukkan perilaku yang berbeda ketika dirinya sudah bisa diberikan MPASI, di antaranya:

1. Dari reflektif ke imitatif .



2. Lebih mandiri dan eksploratif.

3. Pada usia enam bulan, bayi mampu menunjukkan:

4. Keinginan makan dengan cara mambuka mulutnya;

5. Rasa lapar dengan memajukan tubuhnya ke depan/ke arah makanan;

6. Tidak beminat atau kenyang dengan menarik tubuh ke belakang/menjauh.
 

Penting untuk diingat bahwa zat besi menjadi nutrisi yang penting utama untuk berikan pada bayi setelah usia 6 bulan. Selain itu, makanan yang terbuat dari beras merupakan makanan padat pertama yang baik untuk diberikan. Kandungan hipoalergenik didalamnya memudahkan Si Kecil makan dan tidak menyebabkan alergi.

Sebaiknya, gandum dan campuran sereal lainnya mulai diberikan saat anak berusia 8 bulan untuk menghindari timbulnya alergi dan masalah pencernaan. Pembuatan MPASI sendiri juga perlu divariasikan dari jenis dan bahannya, sehingga kebutuhan energi, protein, dan nutrisi lainnya bisa terpenuhi. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ciri,   tanda,   bayi,   mpasi,   anak,   makanan,   asi








Cover Januari - Februari 2020