Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 6 Maret 2018 / Redaksi

Jenis Musik yang Tepat Diperdengarkan pada Bayi

Ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anak? Memberikan musik bisa menjadi salah satu cara jitunya, Moms. Mulai dari membantu kemampuan kognitif anak yang bergerak saat musik diputar, hingga memberikan pembelajaran kata dan bahasa sejak dini. Dengan memberikan jenis musik yang tepat untuk diperdengarkan pada bayi, perkembangan otak bayi juga bisa lebih maksimal, lho.

 

Bahkan sebuah penelitian dari McCaster University, Ontario, Kanada menunjukkan bahwa bayi yang sering mendengarkan musik cenderung lebih sering tersenyum dan dapat bicara lebih cepat dibandingkan bayi lainnya. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa bayi tersebut memiliki kemampuan komunikasi lebih baik.

 

Namun, pemilihan jenis musik yang tepat bagi Si Kecil kadang membingungkan ya Moms. Dilansir dari New Kids-Center, musik terbaik untuk bayi dapat bervariasi pada setiap bayi, begitu pula tipe musiknya. Sebenarnya, tidak ada jenis musik khusus yang terbaik untuk anak-anak.

 

Karenanya, Moms tidak harus memberikan musik klasik seperti karya Beethoven atau musisi lainnya pada Si Kecil. Sebagai gantinya, kebanyakan ahli sekarang berpikir bahwa setiap melodi lambat atau mantap akan menguntungkan setiap bayi saat mendengarnya.

 

Hal tersebut menunjukkan bahwa Moms bisa memainkan musik apapun pada Si Kecil. Namun usahakan agar suaranya tidak terlalu nyaring dan membuat anak menjadi tidak tenang. Selain itu, penggunaan tata bahasa di lagu juga penting diperhatikan, karena lirik lagu yang bayi dengarkan bisa mempengaruhi penggunaan kata saat ia sudah bisa bicara.

 

Dengan memainkan berbagai musik untuk bayi, tentu dapat membantu menstimulasi pikirannya. Jika Moms atau Dads mau bernyanyi untuk bayi pun bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Tak hanya dinikmati saat bermain, memainkan atau menyanyikan sebuah lagu untuk Si Kecil juga bisa membuatnya lebih mudah untuk terlelap. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Ini Cara Menyelaraskan Gelombang Otak Anak dan Anda

Ini 6 Hal yang Paling Sering Bikin Anak Rewel

Ini 6 Resep MPASI yang Wajib Moms Ketahui



OTHER ARTICLES

Berkah Jelang Lebaran, Audy Item Lahirkan Anak Kedua

Tanya Jawab Seputar Mudik Bersama Bayi dan Balita

Saat Balita Terima Salam Tempel

Rekreasi Kala Lebaran? Perhatikan 4 Tips Ini, Moms!

Kiat Balita Tetap Sehat Saat Libur Lebaran