Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Menyelaraskan Gelombang Otak Anak dan Anda

Ini Cara Menyelaraskan Gelombang Otak Anak dan Anda

Cara terbaik untuk berinteraksi dengan Si Kecil adalah dengan menatap matanya secara langsung. Cara ini pasti digunakan untuk berkomunikasi antara orang tua dan bayinya, yang memang belum bisa berbicara.

 

Hal tersebut ternyata memberi dampak baik yang terjadi dalam otak mereka. Sebuah penelitian yang dilakukan Cambridge University menyatakan hal tersebut setelah meneliti seorang ibu dan bayinya, menggunakan helem dengan sensor khusus.



 

Dalam praktik pertama, sang ibu diminta bernyanyi di hadapan bayi, sambil melakukan kontak mata. Kemudian di percobaan kedua, sang ibu tetap bernyanyi untuk bayinya, namun tanpa menatap bayi dan sambil memalingkan wajahnya. Sedangkan dalam percobaan selanjutnya, ibu tetap bernyanyi sambil memalingkan wajah, tapi matanya tetap melirik ke arah bayi.

 

Dari hasil yang didapat, terbukti adanya tingkat keselarasan gelombang otak pada keduanya, terutama saat sang ibu menatap mata anaknya. Bayi juga bisa mendapatkan pembelajaran bahasa juga pergerakan, melalui kontak mata secara intens tersebut.

 



"Ketika kepala berpaling tetapi matanya kembali menatap sang bayi, itu membuat orang dewasa tampak lebih berminat berkomunikasi dengan sang bayi karena, apapun alasannya, ia pasti sengaja menatapnya kembali. Menurut kami, peningkatan minat bisa menjadi pendorong keselarasan di antara keduanya," kata Dr.Victoria Leong. ketua Laboratorium Baby-LINC di University of Cambridge.

 

Penelitian Lanjutan

Para peneliti pun cukup terkesan dengan hasil penelitian tersebut. R. Sam Wass yang juga ikut melakukan riset tersebut mengatakan, “Temuan kami menunjukkan tatapan mata dan vokalisasi sama-sama (entah bagaimana caranya) berperan dalam sinkronisasi otak ini.” Karenanya, masih akan dilakukan penelitian lanjutan mengenai pengaruh tatapan yang dapat menyelaraskan otak.

 

Nah, dari penelitian ini terbukti bahwa interaksi dengan tatapan mata menjadi satu komunikasi yang paling baik dalam memaksimalkan perkembangan Si Kecil. Moms bisa menyanyikan lagu atau bercerita apapun yang mampu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak sejak bayi. Jadi, yuk mulai bermain dengan Si Kecil demi tumbuh kembang yang maksimal. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kontak_mata,   keselarasan_otak,   penelitian,   ibu,   balita








Cover Maret 2020