Mother&Baby Indonesia
Tanya Dokter Anak: Aturan Pemberian MPASI Terbaik

Tanya Dokter Anak: Aturan Pemberian MPASI Terbaik

Bagi Moms yang memiliki bayi usia 6 bulan ke atas, memikirkan menu dan tata cara pemberian MPASI yang tepat tentu menjadi fokus utama Anda, ya. Bingung? Jangan bingung, Moms! Kami telah melakukan wawancara eksklusif dengan dokter spesialis anak dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, yaitu dr. Meta Hanindita, Sp.A. Kami telah meminta dr. Meta untuk memberi tips dan trik terbaik untuk memberikan MPASI yang tepat. Simak wawancara kami yuk, Moms!

 



Kapan harus memulai MPASI?

MPASI ini biasanya merupakan salah satu hal yang sering membuat orang tua galau. “Kapan sih harus dimulai? Lalu, apa yang harus diberikan?” pertanyaan seperti itu tentu selalu ditanyakan para orang tua. Nah, bicara soal MPASI, Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa MPASI sebaiknya dimulai saat bayi sudah berusia 6 bulan. Namun sebelum memberikan MPASI untuk bayi, ada beberapa tanda siap makan yang perlu kita observasi terlebih dahulu. Beberapa tanda itu adalah:

1. Kepala sudah tegak

2. Reflek muntah sudah mulai berkurang

3. Sudah terlihat tanda anak mulai tertarik untuk makan

 

Kenapa harus usia 6 bulan?

Karena ternyata ketika anak sudah berusia 6 bulan, pemberian ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi segala kebutuhan anak, baik energi maupun mikronutriennya. Maka, penting untuk memulai MPASI tepat waktu.



 

Apa bahayanya kalau MPASI sebelum 6 bulan?

Jika memberikan MPASI terlalu dini juga bisa berbahaya, karena saluran cerna anak masih belum siap. Tapi jika MPASI diberikan terlambat, juga tidak baik untuk Si Kecil nih, Moms. Pemberian MPASI terlambat dapat menyebabkan gagal tumbuh pada anak. Jadi pastikan untuk memberikan MPASI tepat waktu.

 

Apa MPASI perdana yang tepat?

Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan untuk memberikan bubur susu terfortifikasi. Hal ini penting, mengingat kebutuhan zat besi pada anak tidak dapat dipenuhi oleh ASI saja pada usia lebih dari 6 bulan.

 

Nah, untuk tahu berapa kali, berapa banyak, dan menu apa yang baik diberikan sesuai perkembangan usia bayi? Cari tahu jawaban dr. Meta dengan menonton video wawancara kami di bawah ini yuk, Moms. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik, Video Dok. M&B)



Tags: mpasi,   bayi,   balita,   menu,   makanan,   video,   dokter_anak,   pakar,   tips








Cover Januari - Februari 2020