Home - Bayi - Perawatan Bayi / 12 Februari 2018 / Redaksi

5 Ritual Tidur Malam yang Baik untuk Bayi

Waktu tidur adalah waktu Si Kecil untuk belajar menenangkan dirinya, hingga akhirnya bisa tidur nyenyak. Maka tugas Anda adalah menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman bagi bayi. Untuk itu, Angela Spencer, childcare expert, memberikan saran untuk melakukan 5 ritual tidur malam yang baik untuk bayi, berikut ini:

 

1. Menggelapkan Kamar Tidur

Angela menyarankan untuk menggelapkan ruang tidur bayi. Jika Moms ingin menyalakan lampu tidur kecil, jangan pilih warna lampu putih dan biru karena dapat menstimulasinya untuk aktif kembali. Pilihlah lampu tidur dengan warna cahaya kuning, oranye, atau merah.

 

2. Menghadirkan White Noise

Moms juga bisa memanfaatkan indera lainnya untuk membantu Si Kecil tidur, salah satunya indera pendengaran. Anda bisa menyalakan white noise dengan suara alam yang menenangkan, seperti suara gerimis atau suara hutan. “Penelitian telah membuktikan kalau suara alam membantu tubuh Si Kecil mengatasi stres,” tambah Angela.

 

3. Bantuan Lavender

Selain itu, Moms juga bisa memberikan wewangian lavender pada rutinitas tidur Si Kecil. “Lavender dapat meredakan stres dan memberi efek menenangkan. Jika Anda hanya memberikan wewangian lavender setiap Si Kecil hendak tidur siang atau tidur malam, maka wangi itu akan memberikan pesan yang kuat pada bayi Anda kalau kini sudah masuk waktu tidur,” ujar Angela.

 

4. Hati-hati dengan Nina Bobo

Bagaimana dengan menyanyikannya Nina Bobo? Hati-hati, jangan sampai suara Anda justru menstimulasinya untuk aktif kembali. “Pastikan suara Anda sudah lembut, dan gerakan Anda juga pelan dan tidak berisik,” saran Angela.

 

5. Kontrol Suara Anda

Dan ketika bayi Anda sudah di tempat tidurnya, maka Anda tidak perlu bernyanyi atau bicara dengannya. Jika Anda melakukannya, artinya Anda meminta Si Kecil untuk fokus lagi pada Anda, dan hal itu akan membuatnya bangun lagi. Maka, katakan saja selamat tidur dan biarkan dia menenangkan dirinya sendiri hingga tertidur pulas. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Kasih Sayang Orang Tua Adalah Faktor Utama Anak Sehat

Bayi Tidur Sendiri, Ternyata Bisa Lebih Nyenyak!

Bedak Cair untuk Sejukkan Kulit Si Kecil



OTHER ARTICLES

Selamat! Rinni 'Idol' Wulandari Lahirkan Anak Laki-laki

4 Tips Mengajarkan Keuangan pada Anak Sambil Berbelanja

Viral, Anak Tantrum 8 Jam dalam Pesawat

Ditto Percussion & Ayudia, Kompak Mengurus Anak

7 Tips Dokter untuk Mengatasi Diare saat Hamil