Home - Bayi - Perawatan Bayi / 12 Februari 2018 / Redaksi

Berapa Lama Sebaiknya Bayi Tidur Siang?

Bayi baru lahir memang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, dibanding untuk melakukan aktivitas lainnya. Namun, banyaknya waktu yang ia butuhkan untuk tidur cukup beragam, tergantung usia dan kepribadian Si Kecil. Sebagai panduan, ini lama tidur malam dan tidur siang anak Anda:

  • Di usia 1 minggu, Si Kecil akan tidur siang sekitar 8 jam, dan 8 jam lagi untuk tidur malam.

  • Usia 3 bulan, anak biasanya tidur siang sekitar 5 jam dan tidur malam 10 jam.

  • Usia 6 bulan, Si Kecil butuh tidur siang 4 jam, dan 10 jam untuk tidur malam.

  • Usia 9 bulan, bayi Anda butuh sekitar 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.


 

“Tidur siang bayi akan lebih maksimal jika ia tidur sebelum jam makan utama dan setelah bermain sebentar,” ujar Angela Spencer, seorang childcare expert.

 

Angela juga menjelaskan kalau bayi usia 6 bulan ke atas, idealnya memiliki pola tidur siang yang terbagi menjadi dua, yaitu jam 9.15 dan 12.00. Tapi jadwal itu belum tentu cocok dengan jadwal seluruh keluarga, jadi sebaiknya Anda mengikuti saja jadwal yang paling cocok untuk Anda dan Si Kecil.

 

Ketika bayi Anda sedang tidur siang di rumah, hal itu akan menciptakan rutinitas konsisten yang menjadi langkah penting untuk menciptakan jam tidur rutinnya. Lalu bagaimana jika Si Kecil sulit diajak tidur siang? Menurut Angela, Moms perlu menciptakan suasana yang tenang dan nyaman terlebih dahulu.

 

“Pastikan suara Anda sudah pelan. Semua yang ia dengar, rasakan, dan lihat menjelang waktu tidur siang harus tenang dan membuatnya rileks,” sarannya. Setelah ganti popok, Anda bisa berpelukan dengannya di kamar yang temaram, kemudian carilah white noise. Cara itu diyakini Angela dapat membuat Si Kecil tertidur. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Kasih Sayang Orang Tua Adalah Faktor Utama Anak Sehat

Bayi Tidur Sendiri, Ternyata Bisa Lebih Nyenyak!

Bedak Cair untuk Sejukkan Kulit Si Kecil



OTHER ARTICLES

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Resep Mudah Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Bayi Ini Punya Rambut ‘Jabrik’ Langka

Saat Bayi Menggigit