Home - Bayi - Perawatan Bayi / 8 Februari 2018 / Redaksi

Kasih Sayang Orang Tua Adalah Faktor Utama Anak Sehat

Mau tahu rahasia agar anak sehat? Mudah banget, Moms! Berikan saja kasih sayang yang anak butuhkan. Ya, ternyata kasih sayang orang tua menjadi faktor penting yang dapat membuat anak lebih sehat.

 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi prematur yang ditangani orang tua langsung mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini seperti kenaikan berat badan yang terjadi karena orang tuanya sendiri yang memberikan obat hingga selalu memeriksa suhu badan mereka.

 

Hal ini yang akhirnya menjadi alasan sebuah rumah sakit perlu memiliki ruang NICU (neonatal intensive care unit). Dalam ruangan ini, orang tua dan pihak keluarga dapat secara langsung berinteraksi dengan bayi yang kondisinya perlu perawatan intensif. Misal, bayi yang lahir prematur atau mengalami gangguan kronis sejak lahir.

 

Dalam ruang NICU, biasanya tersedia tabung khusus sebagai tempat untuk meletakkan bayi dan biasanya tertutup. Lalu , tersedia juga tempat tidur, sofa dan ruangannya sendiri agak luas untuk menampung beberapa orang. Ruangan ini memang dimaksudkan sebagai tempat keluarga bisa berhubungan secara langsung dengan sang bayi. Bayi pun akan merasa lebih familiar dan dapat merasakan kasih sayang dari keluarganya tanpa terhalang apapun.

 

Menurut pimpinan peneliti, Dr. Karel O'Brien, keberadaan ruang NICU dapat memberi efek positif pada bayi dan keluarganya. “Penambahan berat badan, proses menyusui dan berkurangnya stres serta kecemasan pada orang tua sangat terkait dengan hasil perkembangan saraf yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa campur tangan orang tua dalam perawatan bayi pada tahap awal secara langsung berpotensi memiliki manfaat jangka panjang,” lengkap Dr. Karel.

 

Sentuhan cinta orang tua secara langsung juga dapat melancarkan aliran ASI sebagai asupan utama bayi sejak baru lahir. Jadi, sangat penting bagi Moms dan sang ayah untuk bisa merawat Si Kecil bahkan sejak pertama ia hadir ke dunia. Anda sebagai orang tua akan langsung memiliki ikatan tersendiri dengan anak. Si Kecil juga bisa langsung merasakan kasih sayang yang membuat tumbuh kembangnya lebih baik. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Bayi Tidur Sendiri, Ternyata Bisa Lebih Nyenyak!

Bedak Cair untuk Sejukkan Kulit Si Kecil

Kelembapan Ganda untuk Kulit Si Kecil



OTHER ARTICLES

7 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Namaste Festival 2018

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

Bolehkah Mengajarkan Balita Bahasa Inggris?

5 Trik Jitu Bebas dari Nyeri Haid