Mother&Baby Indonesia
Bayi Tidur Sendiri, Ternyata Bisa Lebih Nyenyak!

Bayi Tidur Sendiri, Ternyata Bisa Lebih Nyenyak!

Orang ua mana yang tidak mendambakan bayinya bisa tertidur pulas, beristirahat dengan baik, dan tidak bangun pada malam hari. Moms pun jadi bisa tidur dengan tenang. Salah satu cara agar Si Kecil bisa tidur dengan pulas dan nyenyak, adalah dengan membiarkannya tidur di kamar sendiri.

 



Kesimpulan ini diperoleh dari hasil riset yang dilakukan oleh Dr. Ian Paul dari Pennsylvania State University College of Medicine pada 230 ibu baru di Pennsylvania, AS. Menurut Dr. Ian Paul seperti dilansir www.cnn.com, bayi yang tidur di kamarnya sendiri memiliki waktu tidur lebih lama dan berkualitas dibandingkan yang tidur bersama orangtuanya.

 

Dengan membiarkan bayi tidur sendiri di kamarnya, ia akan tidur lebih nyenyak dan tentu bangun dengan lebih ceria (juga bebas rewel!). Nah, bicara soal bayi rewel, apakah Moms sering memberikan empeng agar ia lebih tenang? Beberapa orang tua memang sering memberikan empeng untuk bayi agar ia tidak rewel ya. Padahal, kebiasaan mengempeng terkadang membuat orang tua bingung bahkan kewahalan. Moms, pernah mengalaminya?

 



 

Menurut Jane Chumbley dan Clare Walters dalam buku Your Child's Teeth, menyedot, menggigit, atau mengunyah sesuatu ternyata bisa membuat tenang bayi. Salah satu benda yang cocok digunakan adalah empeng. Walaupun bisa membuat bayi tenang, mengempeng juga harus tetap dibatasi Moms, agar tidak mengakibatkan rahang atas atau gigi menonjol ke depan. Batasi penggunaannya saat tidur, cabutlah empeng secara lembut dari mulut Si Kecil.

 

Selain itu, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tidak memberi pemanis pada empeng karena bisa membuat gigi Si Kecil membusuk. Setelah digunakan, sterilkan empeng dalam tempat khusus. Jangan meletakkan empeng kembali ke mulut bayi setelah terjatuh di lantai. (Mondials/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: tidur,   bayi,   penelitian,   empeng,   pacifier