Mother&Baby Indonesia
Wajib Tahu! Ini MPASI Ideal Sesuai Usia Bayi (I)

Wajib Tahu! Ini MPASI Ideal Sesuai Usia Bayi (I)

MPASI atau makanan pendamping air susu ibu, penting diberikan pada anak yang sudah berusia 6 bulan. Namun dalam memberinya, Anda tak boleh asal ya moms.

 

Ya, para ibu harus hati-hati memerkenalkan atau meracik MPASI untuk anak. Sebab, MPASI harus menyesuaikan kemampuan pencernaan bayi. Alih-alih tumbuh jadi bayi lahap makan, ia justru tumbuh jadi bayi yang pemilih soal makanan.



 

Nah, pada artikel ini, kami membahas tuntas menu MPASI apa saja yang sesuai dengan usia Si Kecillengkap dengan tips dan trik dalam memberikannya. Kami sudah merangkum dari berbagai sumber yang Anda nantinya bisa jadikan rujukan. Mau tahu apa saja itu? Baca info penting berikut ini yuk, Moms.

 

>>Bayi 6 bulan

Apa MPASI-nya?

Karena pencernaan bayi 6 bulan masih sensitif, Anda hanya disarankan memberi makanan yang lunak, seperti buah-buahan atau sayuran. Untuk buah, rekomendasinya ialah alpukat, pisang, melon, dan pepaya, sedangkan sayuran contohnya ialah brokoli, buncis atau jagung manis.

Catatan: Setelah tiga hari memberi MPASI, Anda bisa memberi satu jenis buah atau mencampur dua buah sekaligus.

 

>>Bayi 7-8 Bulan



Apa MPASI-nya?

Pada masa ini, orang tua masih membiasakan semua jenis buah dan sayuran. Hal ini agar pencernaan mereka 'mengenal' dan bisa menerima bisa suatu saat diberi makan jenis serupa. Anda juga bisa memerkenalkan asupan karbohidrat di usia ini, seperti nasi, bubur, kentang, dan oatmeal. 

Catatan : Tidak boleh memberi tambahan gula atau garam, tujuannya agar lidah mengetahui rasa asli dari buah-sayuran.

 

>>Bayi 7- 9 bulan

Apa MPASI-nya?

Setelah anak Anda sudah terbiasa mengonsumsi makanan lunak, Moms bisa memberikan asupan protein, seperti ikan atau daging (ayam atau sapi).

Catatan: Berikan makanan ke anak harus bertahap dan sedikit-sedikit ya, Moms.Mau memberi camilan disela 'makan berat'-nya? Tenang saja, Anda sudah boleh memberinya camilan, maksimal dua kali perhari, ya. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Freepik)



Tags: mpasi,   menu_mpasi,   bayi,   batita,   makanan,   gizi,   nutrisi










Cover April 2020