Mother&Baby Indonesia
Ini Daftar Menu MPASI yang Bergizi, Yuk Dicek Moms

Ini Daftar Menu MPASI yang Bergizi, Yuk Dicek Moms

MPASI atau makanan pendamping ASI yang bergizi cukup merupukan ujung tombak bayi besar dengan tumbuh kembang yang optimal. Untuk mencapai kondisi tersebut, orang tua memberikan MPASI awal yang tepat agar memungkinkan Si Kecil tercukupi nutrisinya.

 

Dijelaskan oleh dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA MARS, dalam bukunya Anak Sehat: 100 Solusi Sehat dr Tiwi, pilihan pertama MPASi ialah buah segar. Itu karena buah segar mengandung karbohidrat sederhana yang gampang dicerna dan buah punya enzim pencerna – yang baik untuk pencernaan bayi.



 

Tak sebatas itu, dokter Tiwi menjelaskan, para ibu harus mampu kreatif dalam membuat buah yang dicampur ASI. Apa saja buahnya? Perhatian bisa Anda arahkan pada buah alpukat, pisang, melon, apel manis dan pepaya.

 

Tapi untuk buah apel, melon dan pepaya agar lebih lunak teksturnya, moms bisa merebusnya sebentar. Untuk perebusan buah ini, sebaiknya diberikan saat diawal saja. Selanjutnya, sebaiknya buah diberikan dalam keadaan segar tanpa direbus.

 

Setelah itu Anda juga mulai bisa memersiapkan MPASI fortifikasi, seperti sereal dan sayuran. Namun, ingat ya Moms, tunggu sampai bayi berusia 7 bulan. Mau tahu lengkapnya seperti apa? Berikut penjelasannya seperti dikutip dalam berbagai sumber:


Minggu pertama

 

Rekomendasi MPASI: buah-buahan seperti pisang, apel, pir, dan alpukat.

Catatan: saat hari ketiga, Anda bisa mencoba memberi satu jenis buah saja dengan frekuensinya satu kali sehari. Setelahnya, moms juga bisa mencampur dua buah sekaligus. Buah-buahan bagus untuk nutrisi bayi karena di dalamnya terdapat serat, kalium, kalsium dan asam folat.

 

Minggu kedua

 



Rekomendasi MPASI: selain buah, Anda sudah bisa memberikan asupan karbohidrat pada minggu kedua bayi seperti, kentang, umbi, oatmeal ataupun nasi yang dibuat bubur. Dan juga berikan sayuran pilihan yang baik untuk bayi, seperti brokoli, buncis atau jagung manis.

Catatan: Anda bisa mengganti menus sayuran agar bayi terbiasa dengan berbagai rasa makanan. Sehingga, dia tumbuh tidak hanya dengan bayi yang pemilih dalam urusan makanan.

 

Minggu ketiga

 

Rekomendasi MPASI: Setelah mencoba buah-sayur dan asupan karbohidrat, Anda pada minggu ketiga sudah bisa memberinya daging yang haluskan, seperti ayam atau sapi.

Catatan: Moms sebenarnya sudah bisa memberi anak Anda daging sejak minggu pertama. Tapi, tak ada salahnya kita membuat pencernaan anak beradaptasi terlebih dulu, yakni memberi asupan mereka secara bertahap. Mulai dari yang lunak sampai yang keras. Itu karena pencernaan bayi masih sangat sensitif, Moms!

 

RELATED VIDEO: Ask Expert, Aturan MPASI

 

(Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: mpasi,   menu_mpasi,   bayi,   batita,   makanan,   gizi,   nutrisi








Cover Januari - Februari 2020