Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Makan Brokoli saat Hamil

10 Manfaat Makan Brokoli saat Hamil

Amankah ibu hamil makan brokoli? Jawabannya tentu saja aman, asalkan brokolinya sudah matang sempurna dan tidak melebihi anjuran dokter kandungan Anda. Dilansir dari Mom Junction, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi brokoli sebanyak 1-3 porsi brokoli matang setiap hari, kira-kira 1,5 mangkuk.

 



Brokoli dikenal kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan antioksidan. Wah, semua itu penting untuk Anda dan janin ya, Moms. Dengan kandungan nutrisi sebaik itu, tidak heran kalau brokoli memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan janin di dalam perut Anda. Setidaknya ada 10 manfaat makan brokoli saat hamil, yaitu:

 

1. Mencegah konstipasi

Konstipasi sangat sering terjadi pada ibu hamil. Penyebabnya beragam, salah satunya perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu, suplemen zat besi juga memberi dampak besar bagi pencernaan bumil. Brokoli kaya akan serat yang membantu menyehatkan pencernaan ibu, dan tentu saja efektif mencegah konstipasi.

 

2. Mencegah anemia

Saat hamil, tubuh Anda sangat membutuhkan asupan zat besi, dan defisiensi dapat menyebabkan anemia. Untuk itu, konsumsi saja brokoli yang kaya akan zat beso dan asam folat.

 

3. Mengatur kadar gula darah

Diabetes gestasional terjadi jika tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk memecah gula darah yang Anda konsumsi saat hamil. Brokoli membantu melancarkan kadar gula darah dalam tubuh.

 

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan daya tahan tubuh yang baik selama kehamilan, maka turut mencegah terjadinya infeksi. Kandungan betakaroten dan selenium dalam brokoli meningkatkan imunitas tubuh lho, Moms!

 



5. Memperkuat tulang

Selama hamil, Anda rentang mengalami masalah yang berkaitan dengan tulang, seperti osteoporosis. Brokoli memilih semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memiliki tulang yang lebih kuat. Nutrisi itu adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc.

 

6. Melindungi kulit

Brokoli mengandung vitamin A, E, B, dan K, yang baik untuk melindungi kulit Anda. Untuk itu, mengonsumsi brokoli saat hamil dapat melindungi kulit dari sinar UV, dan bahkan bisa mencerahkan kulit Anda.

 

7. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan beta-karoten dalam brokoli tidak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh, tapi juga meningkatkan kesehatan mata. Beta-karoten dan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata Anda, Moms!

 

8. Mencegah kanker

Brokoli mengandung banyak phytochemicals, yang dikenal baik untuk mencegah kanker. Banyak mengonsumsi brokoli dapat membantu Anda dan janin terhindar dari kanker saat hamil.

 

9. Mencegah cacat lahir

Tahukah Anda kalau kekurangan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Jika Anda mengonsumsi brokoli saat hamil, maka Anda juga mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut. Kabar baiknya, segala nutrisi baik ini juga bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.

 

10. Mengoptimalkan perkembangan janin

Perpaduan vitamin C, K, folat, zinc, kalsium, dan zat besi dalam brokoli sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan janin. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: brokoli,   nutrisi,   kehamilan,   kandungan,   janin










Cover Mei-Juni-Juli 2020