Mother&Baby Indonesia
Berapa Porsi Makan Ideal saat Hamil? Tanya Dokter Yuk!

Berapa Porsi Makan Ideal saat Hamil? Tanya Dokter Yuk!

Setelah mual dan muntah yang banyak melanda ibu hamil di trimester pertama, biasanya nafsu makan kemudian meningkat di trimester kedua. Dengan alasan “demi memenuhi nutrisi janin” maka banyak wanita hamil yang makan sepuasnya saat hamil.

 

Ya, bayi di perut Anda memang butuh nutrisi yang harus Anda berikan, namun benarkah Anda boleh makan sepuasnya selama 9 bulan? Untuk meluruskan mitos ini, kami telah bertanya pada dr. Ekky M. Rahardja, MS, Sp.GK, dari RS Royal Taruma, Jakarta Barat. Simak wawancara kami, Moms.



 

Apakah ibu hamil harus makan 2 kali lebih banyak?

dr. Ekky: Tidak juga! Ibu hamil harus makan kira-kira ada tambahan sekitar 300-350 kalori per hari. Protein juga ditambah sekitar 10 gram per hari. Jadi kira-kira seperti makan sepiring nasi (mengandung sekitar 300 kalori), ditambah 1 butir telur ayam. Telur bisa diganti, ikan, ayam, atau makanan lain yang memberi tambahan kalori 10 gram.

 

Apa makanan terpenting untuk ibu yang sedang hamil muda?



dr. Ekky: Makanan yang tinggi asam folat, dan itu sebenarnya paling banyak ditemukan di sayuran hijau. Oleh karena itu pada 2 bulan pertama, makan saja seperti biasa, tapi ada tambahan vitamin dan mineral. Vitamin itu tidak harus selalu dari suplemen, tapi bisa juga dari sayur dan buah.

 

Selain dua pertanyaan di atas, dr. Ekky juga memberi informasi tentang makanan apa yang harus dihindari saat hamil, dan tips-tips lainnya tentang makan saat hamil. Mau tahu info lengkap dari dr. Ekky? Klik video di bawah ini ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik, video dok. M&B)

 



Tags: kehamilan,   makanan,   kandungan,   dokter,   pakar,   tips,   video








Cover Januari - Februari 2020