Mother&Baby Indonesia
Cara Aman Konsumsi Kopi Bagi Ibu hamil dan Menyusui

Cara Aman Konsumsi Kopi Bagi Ibu hamil dan Menyusui

Menikmati secangkir kopi di pagi atau sore hari sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, termasuk Moms, bukan? Namun saat hamil, Moms perlu membatasi konsumsi kopi agar tidak menganggu kehamilan dan memberi pengaruh pada janin.

 

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr. Mulyani A.S Gultom, Sp.PD, FINASIM, kopi aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. “kadar kafein pada kopi yang boleh dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui 200 mg/hari, yaitu setengahnya dari orang normal 400 mg/hari,” ujar dr. Mulyani saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, (22/2/2018).



 

Batasi kadar gula dalam kopi

Selain membatasi kadar kafein, saat hamil, Moms juga harus mengurangi kadar gula yang ditambahkan saat minum kopi. Karena kehamilan juga bisa menjadi pencetus dari meningkatnya gula darah. “Makanya banyak, orang pada saat hamil gula darahnya meningkat. Hal ini harus diwaspadai dan dijaga karena kemungkinan mengalami diabetes itu bisa terjadi juga,” jelas dr. Mulyani

 

Sama dengan ibu hamil, ibu menyusui juga diperbolehkan konsumsi kopi, dan waktu konsumsinya juga diperhatikan “Misalnya hari ini minum, besoknya tidak,” tambahnya.



 

Kopi sehat untuk ibu hamil dan menyusui

Bagi Moms yang sedang hamil dan menyusui, dan merupakan pecinta kopi, memilih kopi yang bebas gula bisa mejadi pilihan tepat, agar kegemaran Anda mengonsumsi kopi tidak menganggu kesehatan Anda. Moms bisa memilih Tropicana Slim White Coffee yang baru saja diluncurkan kemarin di acara “Arisan Manis yang Sehat.” Selain bebas gula, kopi ini juga cocok untuk diet dan aman untuk penyandang diabetes.

 

Untuk ibu hamil dan menyusui, cukup konsumsi 2 sachets per hari, Anda sudah bisa menikmati kopi sesuai batas kadar kafein yang boleh dikonsumsi ibu hamil dan kesehatan pun tetap terjaga. (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik, M&B)



Tags: drink,   minuman,   kopi,   beverage,   kehamilan,   kandungan,   menyusui,   asi,   laktasi,   ibu










Cover Mei-Juni-Juli 2020