Mother&Baby Indonesia
Sikap Suami Berubah? Mungkin Ini Alasannya

Sikap Suami Berubah? Mungkin Ini Alasannya

Moms, pernahkah Anda merasa sikap suami berubah? Entah sekarang jarang meluangkan untuk keluarga, atau sudah jarang memberi Anda hadiah. Walau saat ini memang sedang musim 'pelakor,' tapi jangan langsung berpikir negatif ya, Moms. Bisa saja suami berubah karena kebutuhan akan bahasa kasihnya pun sudah berubah.

 

Menurut teori dari Dr. Gary Chapman, ada 5 jenis bahasa kasih yang digunakan oleh pasangan untuk mengungkapkan rasa cintanya. Kelima hal tersebut adalah:
1. Waktu berkualitas (quality time)
2. Pujian (words of affirmation)
3. Mendapatkan layanan (acts of service)
4. Hadiah (gifts)
5. Sentuhan (physical touch)

 

Setiap orang memiliki bahasa kasih yang berbeda. Ada yang merasa dicintai ketika diberi hadiah, ada pula yang lebih memilih quality time. Kesalahpahaman antar pasangan biasanya terjadi ketika bahasa kasih suami dan istri berbeda.

 

“Setiap orang memiliki bahasa kasih yang berbeda, biasanya dari lima hal ini ada dua poin yang dominan. Kita tidak dapat memaksakan bahasa kasih kita kepada orang lain karena akan berbeda cara penerimaannya, jadi kita harus memahami bahasa kasih orang lain,” ujar psikolog klinik dewasa Denrich Suryadi, M.Psi, saat ditemui pada acara #Dressforlove dari Royale Parfum Collection, produk fabric conditioner terbaru produksi Wings.

 

Selain bahasa kasih yang berbeda, Denrich juga mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk dinamis yang senantiasa berubah, termasuk kebutuhannya akan bahasa kasih. Berikut beberapa tips untuk mengetahui bahasa kasih yang dibutuhkan oleh suami.

 

- Komunikasi
Denrich mengatakan bahwa komunikasi adalah kuncinya. “Komunikasikan dengan pasangan, apa yang mereka butuhkan dari kita,” jelasnya.

 

- Introspeksi
Jika Anda sudah mengetahui jenis bahasa kasih yang dibutuhkan suami, maka cobalah untuk introspeksi diri, apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan bahasa kasih tersebut? Misalnya dengan memberikan pujian atau sentuhan jika memang dua hal itu adalah bahasa kasih dominan untuk suami. “Harus ada banyak quality time supaya kita mengerti apa bahasa kasih pasangan.”

 

Nah, dengan menjalankan tips dari Denrich, semoga Anda dan suami semakin mesra ya, Moms. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: pernikahan,   bahasa_kasih,   tips,   psikolog,   pasangan,   romantis








Cover Januari - Februari 2020