Mother&Baby Indonesia
Ini Dia 5 Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Ini Dia 5 Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi pasangan yang sedang berjuang mendapatkan momongan, maka usaha keras tidak hanya harus dilakukan oleh istri saja, tapi juga suami. Nah, bagi para pria yang ingin meningkatkan kesuburan, maka 5 cara untuk meningkatkan kesuburan pria berikut ini dapat Anda coba. Apa saja cara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

 



1. Tidur 8 Jam Per Hari

Sebuah studi mengungkap fakta bahwa pria yang tidur malam antara 7-8 jam, maka kesempatan istrinya hamil juga akan meningkat! Dilansir dari Parents.com, Lauren Wise, dari Boston University School of Public Health telah meneliti 790 pasangan. Hasilnya? Ia menemukan bahwa ketika pria tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 9 jam per malam, maka kesempatannya untuk membuahi istrinya menurun 50 persen!

 

Menurut Lauren, ketika pria mengalami masalah tidur, maka ia juga akan lebih sulit menghamili istrinya, biasanya karena masalah hormonal. “Sangat mungkin kalau durasi tidur yang kurang bisa berkontribusi pada gaya hidup yang tidak sehat, menurunkan libido, seks juga jadi jarang, namun kami berusaha mengendalikan semua faktor tersebut,” tambahnya.

 

2. Rajin Olahraga

Jika Dads rajin olahraga, maka tidak hanya kesehatan dan kepercayaan diri saja yang meningkat, tapi kadar hormon testosteron Anda juga meningkat. Seperti fakta dari penelitian University of Cordoba, yang mengatakan kalau pria rajin olahraga, maka kadar testosteronnya ikut meningat. Tidak cuma itu, kualitas air mani juga lebih baik dibanding pria yang tidak aktif.


Walau begitu, bukan berarti para pria harus olahraga selama mungkin. Penelitian dari Department of Obstetrics and Gynecology, University of Connecticut Health Center, mengatakan kalau terlalu sering olahraga justru menurunkan kadar testosteron pria.



 

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Dubai Specialized Medical Center & Research Labs melakukan penelitian pada pria-pria yang infertil, dengan mengonsumsi suplemen vitamin C 1.000 mg, 2 kali sehari selama 2 bulan, maka meningkatkan motilitas sperma hingga 92 persen, dan kuantitas sperma bertambah hingga 100 persen. Konsumsi vitamin C juga menurunkan bentuk sperma yang kurang sperma hingga 55 persen.

 

4. Hindari Stres

Menurut penelitian dari Department of Urology, Homerton University Hospital, stres dapat mengurangi hasrat seksual pria dan mengganggu kesuburan. Seks berkelanjutan dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat memberi dampak negatif pada testosteron. Ketika hormon kortisol naik, maka kadar testosteron cenderung menurun.

 

5. Konsumsi Zinc

Para pria harus tahu! Kekurangan zinc berkaitan erat dengan kadar testosteron rendah, kualitas sperma buruk, dan meningkatnya infertilitas pada pria. Hal merupakan fakta, hasil penelitian dari Department of Biology, Faculty of Basic Science, University of Mazandaran. Oleh karena itu, tingkatkan kesuburan pria dengan mengonsumsi suplemen zinc yang dapat menurunkan risiko berkurangnya kadar testosteron. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: kesuburan,   pria,   testosteron,   infertilitas,   fertilitas,   sperma,   penelitian,   tips,   vitamin,   suplemen








Cover Maret 2020