Mother&Baby Indonesia
9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (II-Habis)

9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (II-Habis)

Masa kanak-kanak bagi anak ialah masa membahagiakan. Karena dimasa itu yang mereka hanya tahu hanya bermain dan bermain. Masalah terbesar mereka paling karena berebutan mainan atau terjatuh dari sepeda, bukan karena stres pekerjaan, biaya listrik, air, dan pendidikan yang makin mahal.

 

Tetapi, dalam beberapa kasus, ada anak yang bernasib malang. Masa kanak-kanaknya terganggu akibat serangan penyakit tertentu, seumpama kanker. Alhasil, akhirnya masa kanak-kanak anak tersebut dihabiskan untuk berobat ke rumah sakit. Bahkan, tak sedikit yang membuat mereka tidak bisa bersosialisasi dengan teman sebaya dan tidak melanjutkan sekolah.



 

Tak mau hal itu terjadi pada anak Anda, kami mengulas tips mencegah serangan kanker pada anak. Di mana bisa Anda jadikan referensi. Dan..., inilah penjelasannya seperti dilansir laman Boldsky, Rabu (14/2/2018).

 

Baca juga: 9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (I)

 

6. Tambahkan asupan Omega-3

Omega-3 memberi manfaat kesehatan untuk tubuh anak Anda. Salah satunya ialah dengan membantu mencegah kanker. Caranya, asam lemak omega tersebut saat masuk ke dalam tubuh menghambat berkembangnya sel kanker. Oleh karena itu, pastikan Anda meng-stock makanan yang kaya omega-3 ini moms, seperti alpukat, minyak kelapa dan lain sebagainya.

 

7. Jauhkan dari gadget



Kita, wanita yang sudah dewasa, biasanya saat asyik bermain gadget bisa menghentikan dan meletakan gadget karena sudah tahu mana prioritas kita. Tapi perlu diketahui, kondisi itu tidak akan terjadi pada anak-anak. Kebanyakan anak-anak saat bermain gadget, ia gunakan untuk hiburan – entah menonton kartun atau main games aplikasi.

 

Sedangkan penelitian menunjukan bahwa, ponsel, tablet dan komputer bisa menyebabkan kanker datang. Jadi, upayakan menjauh anak dari gadget ya moms. Menjauh ini maksudnya tidak membiarkan main durasi yang lama, kecuali kalau dia memang memerlukannya.

 

8. Hindari antibiotik

Sebagian besar anak rentan terkena infeksi virus, seperti flu, batuk, radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya. Itu karena sistem kekebalan tubuh sedang berkembang . Dan, kalau anak sudah terkena penyakit tersebut, biasanya dia bakal diresepkan antibiotik oleh dokter. Namun, mengonsumsi antibiotik secara rutin bisa merusak sistem kekebalan tubuh anak. Alhasil, mememudah sel kanker berkembang di tubuh. Jadi, jangan membiasakan anak mengonsumsi antibiotik ya moms.

 

9. Libatkan anak kegiatan berolahraga

Rutin berolahraga juga bisa membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya hinggap pada anak kecil. Oleh karenanya, libatkanlah mereka dalam kegiatan olahraga. Berolahraga akan membuat tubuh bugar dan mampu memangkas risiko penyakit kanker secara signifikan. Olahraganya apa? Pilihkanlah jenis olahraga yang mereka sukai. Semata agar mereka fun saat melakukannya dan bertahan lama. (Qalbinur Nawawi/Dok. Freepik)



Tags: kanker,   anak,   penyakit,   kesehatan,   gangguan,   imunitas,   tips,   pencegahan