Mother&Baby Indonesia
9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (I)

9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (I)

Bicara kanker, banyak yang mengira kanker hanya menyerang orang dewasa atau bahkan lansia saja. Padahal, kanker juga bisa  menyerang anak kecil lho, Moms! Mau bukti?

 

Kanker yang banyak menyerang anak-anak ialah kanker kulit dan kanker paru-paru. Dan saat mereka tervonis mengidap kanker, sulit bagi mereka untuk sembuh. Sebab, imunitas tubuh anak-anak belum sempurna, seperti orang dewasa.



 

Oleh sebab itu, langkah pencegahan menjadi hal yang wajib diperhatikan orang tua. Seperti apa pencegahannya? Yuk ikuti beberapa tips mencegah kanker pada anak, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky, Rabu (14/2/2018).

 

1. Beri contoh yang baik

Oke, ini mungkin sangat klise. Tapi, faktanya, hal ini begitu menentukan kesehatan anak di masa depan. Bila Anda ingin anak sehat, Anda juga harus bisa memberikan gambaran kehidupan sehat di pikiran anak. Karena, anak kecil memaknai sesuatu itu lewat meniru – dari apa yang dilihat matanya.

 

Jadi, jalan keluarnya Anda harus menunjukan kehidupan sehat, mulai dari cara makan Anda, rutin berolahraga dan menjalani aktivitas peredam stres, katakanlah yoga. Dengan cara begitu, Anda bisa membangun kebiasaan sehat dalam diri mereka, dan menetap menjadi kebiasaan. Apa efek jangka panjang dalam kondisi itu? Secara sendirinya, serangan kanker pada anak bisa ditekan.

 

2. Berhenti merokok

Seperti yang sudah Moms ketahui, merokok bukan hanya membahayakan kesehatan orang yang mengisapnya. Tapi juga membahayakan orang di sekitarnya. Ya, efek buruk ini bisa menimpa Anda kendati Anda tak merokok, yang salah satunya ialah penyakit kanker.

 

Adapun penelitian sudah menunjukan, munculnya kasus kanker pada anak umumnya disebabkan orang tua yang merokok di rumah. Oleh karenanya, bila Anda sayang dengan anak Anda, baiknya mulai dari sekarang pelan-pelan mengurangi sampai berhenti nantinya. Anda pasti sayang dengan anak Anda, kan?



 

3. Susui lebih lama

Mmumnya, wanita berhenti memberi ASI atau menyusui anaknya saat Si Kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun. Tapi, studi menunjukan bahwa menyusui anak sampai umur 2-3 tahun bisa memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuhnya. Salah satunya, yaitu meningkatkan imunitas anak yang membuatnya tidak mudah terserang banyak penyakit. Dan salah satunya ialah penyakit kanker. Jadi, jika Anda mau mencegah anak tidak terkena kanker? Susui aja mereka lebih lama ya, Moms.

 

Baca juga: 9 Cara Ampuh Cegah Anak Terkena Kanker (II-Habis)

 

4. Pantau pola makan anak

Anak-anak seringkali melakukan “gerakan tutup mulut” saat mereka diberikan makanan-makanan sehat, katakanlah brokoli. Itu karena – biasanya – makanan yang bergizi tinggi tidak enak rasanya. Kurang bercita rasa, bagi mereka. Sedangkan anak sangat suka makanan yang gurih.

 

Tantangan? Tentu saja! Tapi situasi itu kita bisa akali bila Anda mau memonitor pola makan mereka. Sudahkah cukup anak mengonsumsi makanan sayuran, buah, susu agar mereka tubuh jadi anak kuat? Ini penting dijawab karena, jika gizi yang masuk ketubuh anak sudah seimbang (ada protein, vitamin-mineral, karbohidrat dan lemak), mudah bagi tubuh mereka melawan perkembanga sel kanker dalam tubuh.

 

5. Hindari polusi

Tahukah Anda bahwa kanker kulit atau kanker paru-paru pada anak disebabkan oleh polusi? Ya, faktanya beberapa penelitian menunjukan polusi jadi biang keladi kanker bisa muncul pada anak. Alasannya, karena polusi mampu mengaktifkan sel kanker dalam tubuh anak lebih cepat. Lantas, bagaimana mencegah kondisi itu? Anda bisa menjauhi anak dari paparan polusi dalam waktu lama. Atau paling tidak, bila memang polusi tidak bisa dihindari, Anda memberi mereka masker. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Freepik)



Tags: kanker,   anak,   penyakit,   kesehatan,   gangguan,   imunitas,   tips,   pencegahan